PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING

Penulis

  • Hadiansah Hadiansah UIN SGD Bandung, Indonesia
  • R. Ading Pramadi UIN SGD Bandung
  • Maya amelia Febriani UIN SGD Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2457

Kata Kunci:

Brainstorming, Penguasaan Konsep

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem
pernapasan dengan penerapan pembelajaran brainstormingdan Pendekatan Sains 5M. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu weak experimentdengandesain penelitian
static-group comparison design. Sampel penelitian menggunakan dua kelas (MIA-3 dan
MIA-4) yang memiliki kedudukan berbeda, kelas MIA-3 sebagai kelas perlakuan dan kelas
MIA-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah soal
penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda, angket respon siswa dan format lembar
observasi. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian penguasaan konsep baik pada kelas
perlakuan maupaun pada kelas control yang tergolong sangat baik (86,1 dan 82,7).
Pelaksanaan proses pembelajaran brainstorming berjalan dengan kualifikasi sangat baik
dengan rata-rata tingkat keterlaksanaan proses pembelajaran mencapai 89,4%. Siswa
memberikan respon positif terhadap pembelajaran brainstorming pada materi sistem respirasi.

Unduhan

Diterbitkan

2017-03-03

Cara Mengutip

Hadiansah, H., Pramadi, R. A., & Febriani, M. amelia. (2017). PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1), 100–110. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v7i1.2457

Terbitan

Bagian

Etno Soil

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.