Media Relations Hubungan Masyarakat Kota Bandung Menghadapi Krisis (Studi Kasus Penangkapan Wali Kota Bandung Yana Mulyana oleh Komisi Pemberantasan Korupsi)


Brilliant Awal(1*), Susie Perbawasari(2), Elnovani Lusiana(3)

(1) Universitas Padjadjaran Bandung, Indonesia
(2) Universitas Padjadjaran Bandung, Indonesia
(3) Universitas Padjadjaran Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui media relation yang diyakini,  dibangun, dan diimplementasikan oleh berbagai pihak terkait dengan kasus penagkapan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu untuk mengetahui alasan Humas Kota Bandung melaksanakan media relations. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari para informan dan diolah secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kota Bandung telah melaksanakan media relations secara maksimal. Namun Humas Kota Bandung belum melibatkan stakeholder lain seperti pegiat antikorupsi dalam menangani kasus penangkapan Yana Mulyana oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Selain itu, tidak semua upaya yang dilakukan Humas Kota Bandung bisa diterima oleh media dan stakeholder lainnya. Hal itu karena media memiliki agenda tersendiri terkait pemberitaan kasus penangkapan Yana Mulyana.


References


Abdullah, A. (2004). Press Relations. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Alim, A. L. (2016). Strategi Media Relations Hotel Grand Darmo Suite Surabaya Dalam Mengelola Publisitas di Media Massa. E-Komunikasi.

Ardian, H. Y. (2019). Kajian Teori Komunikasi Lingkungan dalam Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam. Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi.

bandung.go.id. (2023, Maret 21). bandung.go.id. Retrieved from bandung.go.id: https://www.bandung.go.id/news/read/7800/pemkot-bandung-bertekad-wujudkan-pemerintah-daerah-anti-korupsi

Barton, L. (1993). Crisis organization. In L. Barton, Crisis organization. Cincinnati: South Western Publishing.

Bungin, B. (2006). Sosiologi komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Coombs, T. W. (2004). Impact of past crises on current crisis communication: Insights from situational crisis communication theory. The Journal of Business Communication.

Coombs, T. W. (2007). Ongoing Crisis Communication Planning. In S. Publication, Ongoing Crisis Communication Planning. Sage Publication.

Creswell. (2016). RESEARCH DESIGN: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th, Terje ed.). Pustaka Pelajar.

Cutlip, C. &. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

detik.com. (2023, April 15). Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-6674176/kena-ott-kpk-walkot-bandung-diduga-terima-suap-miliaran-rupiah.

detik.com. (2023, Juli 12). detik. Retrieved from detik: https://www.detik.com/jabar/hukum-dan-kriminal/d-6819284/sidang-penyuap-yana-fee-proyek-mengalir-ke-pejabat-hingga-aparat

Effendi, O. U. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Enggarratri, I. D. (2017). Peran Media Massa Sebagai Pendukung Citra Organisasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi.

Farihanto, M. (2014). Teman Tapi Mesra Humas dan Wartawan (Studi Kasus Strategi Hubungan Media di Bidang Humas dan Protokoler Universitas Ahmad Aahlan). Profetik: Jurnal Komunikasi.

Febriyansyah, A. R. (2016). Strategi Media Relations PT. Pelabuhan Tanjung Priok dalam Menghadapi Krisis. Jurnal Kajian Komunikasi.

Gifari, F. (2017). Strategi AsiaPR Dalam Memperkuat Hubungan Media Dengan Forum Wartawan Otomotif (Forwot). PRofesi Humas: Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 101-111.

google.com. (2023, Oktober 9). google.com. Retrieved from google.com: https://www.google.com/search?q=yana+mulyana+ditangkap+kpk&sca_esv=571789629&tbm=nws&sxsrf=AM9HkKks9PV43BqLFMmx_L8EKL2vV6_ewQ:1696817135973&source=lnms&sa=X&ved=2ahUKEwjAsI218OeBAxWT1zgGHToVCDEQ_AUoAXoECAMQAw&biw=1280&bih=595&dpr=1.5

Handayani, R. (2016). Gaya Komunikasi dan Kepemimpinan dalam Menangani Krisis Organisasi: Studi pada Kepemimpinan Badan Pemeriksa Keuangan Periode 2004-2009 dan 2009-2014 . Jurnal Komunikasi Indonesia, Vol. 5: No. 1, Article 6.

Herlina, S. (2015). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintahan di Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 4, No. 3.

Hermawan, E. (2020). Strategi Public Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan.

Indrayani, H. (2017). Etika Advokasi Public Relations dalam Manajemen Krisis Reputasi. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 5 No.1 Hal: 68-77.

Iriantara, Y. (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media.

Iswara, N. D. (2020). Strategi Media Relations dalam Launching Produk Vivo S1 Periode Juli 2019 (Studi Kasus PT Srikandi Imaji Lintaskreasi). Jurnal Komunika.

jawapos.com. (2023, April 15). jawapos. Retrieved from jawapos: https://www.jawapos.com/nasional/01560126/dalam-1-tahun-harta-kekayaan-wali-kota-bandung-yana-mulyana-naik-rp-14-miliar

Kaharuddin. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan.

Kolianan, J. B. (2019). Strategi Media Relations Humas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Pada Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTT. Jurnal Administrasi Publik.

Kustini, H. (2017). Communication skill. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Lestari, D. (2019). Strategi Media Relations Humas Kementerian Sosial Republik Indonesia Pada Program Prioritas. Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi, 234-246.

Morissan. (2014). Manajemen Public Relations. Kencana.

Moss, P. D. (1999). Conflict and Containment in Television News: A Case Study. Illinois: Urbana: University of Illinois Press.

Nurhayati. (2016). Melukis Akutansi dengan Kuas Interpretif. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.

Orr, S. (2014). Environmental Policy Making and Stakeholder Collaboration. New York: CRC Press.

Prastowo, F. A. (2020). Pelaksanaan Fungsi Pokok Humas Pemerintah Pada Lembaga Pemerintah. PRofesi Humas, 17-31.

Putri, R. N. (2021). Strategi Komunikasi Krisis Pengelola Desa Wisata Dam Jati Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi.

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. repository.uin-malang.ac.id.

Rahmanto, A. (2020). City Branding Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah. Malang: Empatdua Media.

Ranjabar, J. (2008). Perubahan Sosial dalam teori Makro. Bandung: Alfabeta.

Ruslan, R. (2003). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2005). Manajeman Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saputra, W. &. (2011). Public Relations 2.0 Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber. Jakarta: Gramata Publishing.

Saraswati, E. J. (2019). Kegiatan Hubungan Media pada Direktorat Komunikasi Publik di Universitas Padjadjaran. PRofesi Humas, 202-218.

Seeger, M. W. (2019). Communication in times of trouble. John Wiley & Sons.

Sholikah, N. (2020). Strategi Media Relationhumas Kabupaten Malang Dalam Situasi Krisis (Studi Kasus Penangkapan Bupati Malang Rendra KresnaTahun 2018). Kanganga Komunika.

Susanti, E. (2014). Strategi public relations dalam meningkatkan Citra Organisasi. ejournal.unesa.ac.id.

Syahputra, I. (2018). Strategi Media Relations Perusahaan Pertambangan Timah dan Agenda Setting Media di Bangka Belitung. Jurnal Kajian Komunikasi.

tribunjatim.com. (2023, April 17). Retrieved from https://jatim.tribunnews.com/2023/04/17/pagi-koar-koar-kejujuran-yana-mulyana-sorenya-ditangkap-kpk-pidato-viral-suruh-pejabat-jujur-kerja

Triyono, A. (2013). Strategi Media Relations Perguruan Tinggi Di Surakarta (Studi Di Universitas Muhammadiyah Surakarta Dan Universitas Sebelas Maret). Komuniti, 1–9.

Waymer, D. (2013). Public relations review democracy and government public relations : expanding the scope of “ relationship ” in public relations research. Public Relations Review, 320–331.




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v8i2.37352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Brilliant Awal

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat