Analisis Framing Pemberitaan Pilgub Jawa Timur 2018 pada Situs Berita Daring Indonesia


Nur Hamidah Zulaikha(1*)

(1) Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to analyze and determine how to frame the news media between governor candidates during the election campaign in the 2018 East Java Governor JawaPos.com, Surya.co.id & Tempo.co using text analytics case study method through framing analysis model of Robert Entman , This study shows that every news portal provides a similar viewpoint to the East Java Governor Election 2018. The existence of viewpoints about the same or not much different will then also give a slightly different view of the news has been conveyed, moral judgment and settlement of different problems also. After in-depth analysis, it turns out it is influenced by the gatekeeper. Gatekeeper customize their news with matters related to the company looks at news events of East Java Governor Election 2018 by JawaPos.com objectively, providing insight and knowledge. Meanwhile, for the message written by Surya.co.id as the latest national news portal also gives detailed information on the activities of each candidate in East Java Governor Election 2018. Unlike the news written by Tempo.co. On this news portal, East Java Governor Election 2018 which focuses on reporting the results of the debate on April 10th 2018 without giving frills about the activities of each candidate Governor of East Java in 2018.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui bagaimana media membingkai pemberitaan antar pasangan calon gubernur selama masa kampanye pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 di JawaPos.com, Surya.co.id & Tempo.co dengan menggunakan metode studi kasus analisis teks melalui analisis framing model Robert Entman. Penelitian ini menunjukkan bahwa setiap portal berita memberikan sudut pandang yang hampir sama terhadap Pemilihan Gubenur Jawa Timur 2018.  Adanya sudut pandang yang  hampir sama atau tidak jauh berbeda tersebut selanjutnya juga memberikan pandangan yang sedikit berbeda terhadap berita yang tersampaikan, keputusan moral dan penyelesaian masalah yang berbeda pula. Setelah dilakukan analisis secara mendalam, ternyata hal tersebut dipengaruhi dengan adanya gatekeeper. Adanya gatekeeper yang menyesuaikan berita dengan hal-hal terkait perusahaan terlihat pada peristiwa pemberitaan tentang Pemilihan Gubenur Jawa Timur 2018. JawaPos.com dengan objektif, memberikan wawasan dan pengetahuan. Sementara, untuk pemberitaan yang ditulis oleh Surya.co.id sebagai portal berita nasional terkini juga memberikan informasi detail mengenai kegiatan masing-masing kandidat pada Pemilihan Gubenur Jawa Timur 2018. Berbeda dengan berita yang ditulis oleh Tempo.co. Pada portal berita ini, Pemilihan Gubenur Jawa Timur 2018 yang berfokus pada pemberitaan hasil debat pada tanggal 10 April 2018 saja tanpa memberi embel-embel tentang kegiatan masing-masing kandidat Gubenur Jawa Timur 2018.

 



Keywords


Analisis framing; Media Massa; Berita; Pemilihan Gubernur; Gatekeeper

Full Text:

PDF

References


Basyah, M. N. (2010). Pemantapan Wawasan Kebangsaan dalam Mengsukseskan Pilkada 2011. Jurnal Mentari, 13(1).

Eriyanto. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Hamid, A. (2011). Politisasi Birokrasi dalam Pilkada Banten 2006. JIANA: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(2).

Hendrik, D. (2010). Variabel-variabel yang Mempengaruhi Rendahnnya Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Padang Tahun 2008. Demokrasi: Jurnal Ilmiah Politik Kenegaraan, 9(2).

Humaedi, dkk. (2018). Resolusi Konflik Pilkada di Kota Cimahi Jawa Barat. Social Work, 8(1).

Hutagalung, I. (2013). Sistem Pers Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Interaksi. 2(2). No 2.

Insani, M. A. (2013). Strategi Kemenangan Pasangan Tatto Suwarto Pamuji-Akhmad Edy Susanto dalam Pilkada Kabupaten Cilacap Tahun 2012. Journal of Politic And Government Studies, 2(1).

Launtu, A. (2009). Analisis dan Eksistensi Politik Kandidat Walikota dalam Meyakinkan Pemilih Pada Pilkada Kota Makassar di Tinjau dari Aspek Marketing Mix. Akmen Jurnal Ilmiah, 6(2).

Masduki. (2007). Regulasi Penyiaran dari Otoriter ke Liberal. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Masitoh dkk. (2013) Fenomena Golput Pada Pilkada Pati 2011. Journal of Politic and Government Studies, 2(3).

Maula, G. A. dkk. (2013). Kemenangan Kembali Mantan Bupati Amat Antono Pada Pilkada Kabupaten Pekalongan Tahun 2011. Journal of Politic and Government Studies, 2(3).

Muchtar, K. (2016). Komunikasi Politik dan Pembentukan Citra Partai. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 136–147.

Muis, A. (2009). Peran dan Fungsi DPRD dalam Pelaksanaan Pilkada Menurut Undang-Undang No. 32 Tahun 2004. Jurnal FISIP, 10(2).

Neviati, C. Z. (2018). Study Case: A Tylenol Tale Makes Dies Who Consumers With Framing Method. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Siregar, S. B. (2012). Implementasi Penerapan Pilkada pada daerah Pemekaran. Jurnal Konstitusi, 1(1).

Susila, A. (2009). Pilkada Kabupaten Bekasi 2007: Mengakhiri Sebuah Krisis Politik. Jurnal FISIP. 9(1).

Susilo, D., & Haezer, E. (2017). Konstruksi Seksualitas Perempuan dalam Berita Pemerkosaan di Teks Media Daring.. Jurnal Kawistara, 7(1), 41-55.

Wisnumurti, O dkk. (2011). Local Political Dynamics In The General Election Directly Conducted To Vote For District Heads (Pilkada) In Badung Regency In 2005. E-Journal Of Cultural Studies, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/cjik.v3i1.4942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi

Creative Commons License

Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stat View MyStat