This is an outdated version published on 2024-10-30. Read the most recent version.

PENGARUH PROGRAM SEKOLAH KELUARGA PUSPAGA PADA KEHARMONISAN KELUARGA DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Yulya Nur Rohmah Dewi UIN Sunan Gunung Djai Bandung, Indonesia
  • Asep Saepulrohim UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/irsyad.v12i2.39242

Abstract

Banyaknya keluarga di Kota Bandung yang menghadapi tantangan dalam menjaga keharmonisan, baik karena masalah ekonomi, konflik interpersonal, maupun kurangnya pengetahuan tentang pentingnya keluarga harmonis. Untuk mengatasi permasalahan ini, Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) telah menginisiasi Program Sekolah Keluarga Puspaga.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh program sekolah keluarga pada keharmonisan keluarga di kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh program sekolah keluarga pada keharmonisan keluarga di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian evaluasi, data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh dari program sekolah keluarga ini kepada masyarakat dengan kriteria keluarga neklus (hanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak), dilihat dari uji reliabilitas terdapat jumlah nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.95 dari 18 item pernyataan. Serta uji normalitas nilai signifikansi pada Pretest sebesar 0,58 dan nilai signfikansi dari Postest sebesar 0,362 yang mana berdistribusi normal. Serta uji-T nilai signifikansi sebesar 0.003 < α (0.05) yang mana ini dinyatakan jika H1 diterim dan H0 ditolak. Kata kunci: Program Sekolah Keluarga; Keharmonisan Keluarga; Kota Bandung

References

Ainiyah, H. (2018). Pendidikan Keluarga dalam Meningkatkan Keharmonisan Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.;

Awaru, A. O. (2021). Sosiologi Keluarga. Bandung: Media Sains Indonesia.

Christabel, D. (2021). Research Methods in Education: Reliability and Validity Testing.;

DeVellis, R. F. (2017). Scale Development: Theory and Applications (4th ed.). SAGE Publications.;

Enjang, A. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali.;

Fauzan, U. H. (2018). Dakwah Bil Hal: Menebar Kebaikan Lewat Perbuatan. Jakarta Selatan: Mizan Media Pustaka.;

Gunarsa, S. D. (2002). Psikologi Keluarga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.;

Handrayanti, E. D. (2019). Membangun Keluarga Harmonis: Kiat Praktis Mewujudkan Keluarga Bahagia. Yogyakarta: Deepublish.;

Hidayati, N. (2018). Strategi Dakwah Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.;

Julia, E., & dkk. (2022). Peranan Konselor dalam Konseling Keluarga untuk Meningkatkan Keharmonisan Keluarga. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 7(2), 45-56.;

Ma'rif, M. (2018). Dinamika Dakwah dalam Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana.;

Mas'udah, S. (2023). Sosiologi Keluarga: Konsep, Teori Dan Permasalahan Keluarga. Jakarta: KENCANA.;

Novitasari, D. (2022). Komunikasi Keluarga: Perspektif Multidisiplin. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.;

Nu'man. (2015). Membangun Keutuhan Keluarga. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.;

Rahayu, S. (2017). Keharmonisan Keluarga: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.;

Rosyidah H., e. a. (2023). The Level of Family Harmony in Working Students in The Perspective. Jurnal Islamic Educational Counseling, 134-146.;

Ruswandi, I. (2020). Pengaruh Keharmonisan Dan Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap. Jurnal Ilmu Islam, 200-217.;

Ryadi, R. C. (2023). Keluarga Bahagia: Membangun Keluarga yang Harmonis dan Penuh Cinta. Surabaya: Pustaka Cendekia.;

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatiff, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.;

Syukur, T. A. dkk. (2023). Pendidikan Anak Dalam Keluarga. Global Eksekutif Teknologi.;

Wulandari, W. d. (2023). Sosiologi Keluarga: Sebuah Pengantar. Jawa Tengah: Eureka Media Aksara.;

Yulianti., e. a. (2023). Komunikasi Keluarga Sebagai Sarana Keharmonisan Keluarga. Journal Of Social Science Research, 4609-4617;

Downloads

Published

2024-10-30

Versions

How to Cite

Dewi, Y. N. R., & Saepulrohim, A. (2024). PENGARUH PROGRAM SEKOLAH KELUARGA PUSPAGA PADA KEHARMONISAN KELUARGA DI KOTA BANDUNG. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 12(2), 203–222. https://doi.org/10.15575/irsyad.v12i2.39242

Citation Check

Most read articles by the same author(s)