Keterlibatan Orang Tua Dalam Mendampingi Kegiatan BDR Anak Selama Masa Pandemi Covid-19


Mira Mayasarokh(1*), Susi Susilawati(2)

(1) , Indonesia
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterlibatan orang tua selama pandemi covid-19 tentunya harus berperan sebagai guru di rumah, yaitu mendampingi, membimbing dan mengawasi anak-anak belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi belajar anak, keterlibatan orang tua, hasil belajar anak, serta faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR). Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis yaitu menganalisis mengagambarkan dan meringkas berbagai kondisi dan situasi yang memiliki perhatian khusus. Data diperoleh melalui wawancara observasi dan telaah dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah orang tua murid RA Ashhabul Maemanah Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2020-2021 dengan sampel 4 orang. Hasil penelitian ini adalah situasi kegiatan BDR tentu saja belum efektif, namun orang tua dan pihak sekolah bekerja sama dan melakukan komunikasi yang intensif agar perkembangan dan pembelajaran anak menjadi efektif, orang tua terlibat dengan selalu berusaha mendampingi dan meluangkan waktunya untuk menemani anaknya belajar. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat selama kegiatan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterlibatan atau peran orang tua sangat menentukan hasil belajar anak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v5i1.13345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats