Persepsi Orang Tua tentang Kebutuhan Gizi Anak melalui Bekal Makanan di RA Ashhabul Maemanah Maniskidul

Erik Wahyudin, Yeni Angraeni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan anak, perkembangan belajar anak dan kesadaran orang tua terhadap pemenuhan gizi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bersifat secara mendalam (jenis studi kasus) antara kepala sekolah, guru kelas dan orang tua. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan mengenai persepsi orang tua tentang kebutuhan gizi anak melalui bekal makanan menunjukkan bahwa pemberian makan pada anak selain untuk memenuhi kebutuhan gizi demi kelangsungan hidup, pemulihan kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan, juga untuk mendidik anak supaya dapat menerima, menyukai, memilih makanan yang baik dan membina kebiasaan makan yang baik. Selain itu juga pemberian pengarahan atau parenting kepada orang tua juga sangat penting karena dapat memberikan wawasan kepada mereka bahwa nutrisi dalam makanan harus memiliki gizi yang baik. Dengan demikian, pengasuhan orang tua yang baik dan terarah disertai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang baik dimungkinkan anak memiliki status gizi yang baik.


Full Text:

PDF

References


(KBBI), K. B. B. I. (n.d.). Arti Kata Bekal.

BPOM. (2019). Bahan Tambahan Pangan, Direktorat Surveilan danPenyuluhan Pangan, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya,. Jakarta: Badan POM. https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/09/05/hindari-jajanan-tak-sehat-anak-sekolah-dan-orang tua-di-hss-diminta-lakukan-pengawasan.

Estuti. (2014). Sistem Informasi Pemetaan Layanan Kesehatan di Kabupaten Bantul. Bantul.

Hartono, A. (2000). Asuhan Nutrisi Rumah Sakit Penerbit Kedokteran. EGC. Jakarta.

Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah Dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Huryanah, Yatimatul (2020) Persepsi orang tua tentang makanan sehat pada anak usia 4 - 5 Tahun di Tk AL-Faqihiyah Babat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2010). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR ANTROPOMETRI ANAK [. [cited 2020 Mar 5]. p. 1–78. Available from: https://www.jogloabang.com/sites/default/files/dokumen/PMK_2_2020_St andar_Antropometri_Anak.pdf.

Maemunah, H. (2010). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), cet II. Yogyakarta: Diva Press.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.13346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats