Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Media Papan Flanel Pintar Anak Usia 3-4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.19801Keywords:
Huruf Vokal, Media, Papan Flanel Pintar, Anak Usia 3-4 tahunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal anak melalui media papan flanel pintar pada usia 3-4 tahun. Penelitian ini dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dengan jumlah subjek sebanyak delapan orang anak. Hasil observasi awal menunjukkan sebanyak 16,4% atau lima anak belum dapat mengenal huruf vokal. Sisanya 35,5% atau tiga orang anak telah mulai berkembang dalam menunjukkan kemampuan mengenal huruf vokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan observasi serta dokumentasi untuk mengumpulkan informasi. Analisa informasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Hasil riset menunjukkan terdapat kenaikan kemampuan mengenal huruf vokal pada siklus I sebesar 56,6% serta siklus II sebesar 82,3% dengan indikator berikut: 1) Mengenal huruf vokal a, i, dan u; 2) Mengenal huruf vokal e dan o; 3) Mengenal jenis bunyi; 4) Mengenal bentuk huruf; 5) mencocokkan huruf vokal; 6) Mengelompokkan huruf vokal; 7) Mengidentifikasi nama; dan 8) Mengidentifikasi urutan huruf vokal.Â
References
Hujair, AH Sanaky. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: kaukaba
Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, VOL.1 NO.1.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). CV Budi Utama
Rasmi, M. Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa dengan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf. PROFESI KEPENDIDIKAN, Vol. 2 No.2.
Rizky, R. (2017). Pengenalan Huruf Vokal Terhadap Anak Usia Dini Dengan Media Audio Visual. Jurnal Tarbiyah, Vol XXIV, No 1, Januari-juni.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media. Saputra, N.
Siregar, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL LITERASIOLOGI, Vol. w No. 1
Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah. Vol 7. No 1. Januari-Juni (17-23)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).