Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal melalui Media Papan Flanel Pintar Anak Usia 3-4 Tahun


Alipah Chaerani(1*), Astuti Darmiyanti(2), Feronica Eka Putri(3)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
(3) Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal anak melalui media papan flanel pintar pada usia 3-4 tahun. Penelitian ini dilakukan di PAUD Plamboyan 3 Karawang dengan jumlah subjek sebanyak delapan orang anak. Hasil observasi awal menunjukkan sebanyak 16,4% atau lima anak belum dapat mengenal huruf vokal. Sisanya 35,5% atau tiga orang anak telah mulai berkembang dalam menunjukkan kemampuan mengenal huruf vokal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan observasi serta dokumentasi untuk mengumpulkan informasi. Analisa informasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif kuantitatif serta kualitatif. Hasil riset menunjukkan terdapat kenaikan kemampuan mengenal huruf vokal pada siklus I sebesar 56,6% serta siklus II sebesar 82,3% dengan indikator berikut: 1) Mengenal huruf vokal a, i, dan u; 2) Mengenal huruf vokal e dan o; 3) Mengenal jenis bunyi; 4) Mengenal bentuk huruf; 5) mencocokkan huruf vokal; 6) Mengelompokkan huruf vokal; 7) Mengidentifikasi nama; dan 8) Mengidentifikasi urutan huruf vokal. 


Keywords


Huruf Vokal, Media, Papan Flanel Pintar, Anak Usia 3-4 tahun

Full Text:

PDF

References


Hujair, AH Sanaky. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: kaukaba

Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, VOL.1 NO.1.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). CV Budi Utama

Rasmi, M. Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa dengan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf. PROFESI KEPENDIDIKAN, Vol. 2 No.2.

Rizky, R. (2017). Pengenalan Huruf Vokal Terhadap Anak Usia Dini Dengan Media Audio Visual. Jurnal Tarbiyah, Vol XXIV, No 1, Januari-juni.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media. Saputra, N.

Siregar, R. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL LITERASIOLOGI, Vol. w No. 1

Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Realibilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah. Vol 7. No 1. Januari-Juni (17-23)




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.19801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292