Penanaman Moralitas dan Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini Menghadapi Perkembangan IPTEK 5.0
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v5i2.22008Keywords:
Moral, Nilai, PancasilaAbstract
Aktivitas yang penting untuk dilakukan dalam menghadapi perkembangan IPTEK 5.0 yaitu membentuk fondasi yang kuat melalui pendidikan moral dan karakter. Budaya asli Indonesia jangan sampai hancur karena banyak aspek telah terdegradasi oleh pengaruh budaya lain. Perkembangan moral maupun karakter menjadi penting untuk ditanamkan sejak usia dini karena lebih mudah untuk diarahkan dan diberi bimbingan. Hal ini berkaitan dengan dampak media digital yang digunakan oleh anak sehari-hari. Tujuan dari artikel ini untuk memberikan suatu pemahaman dan gambaran mengenai pentingnya pendidikan karakter dan moral dengan berpedoman pada nilai Pancasila dalam menghadapi perkembangan masyarakat di era keterbaruan society 5.0. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Penelitian menunjukkan bahwa aspek moral yang dikembangkan berlandaskan nilai Pancasila berupa pemahaman, kesadaran, dan perilaku moral yang berfokus pada pengenalan agama yang dianut dan toleransi pada keyakinan orang lain, berperilaku sesuai etika yang berlaku dimasyarakat, mengenal perbedaan dirinya dan orang lain, menghargai dan menerima keputusan bersama, dan membedakan perilaku yang benar dan salah. Terkait dengan kemajuan teknologi, peran orang tua dalam mengontrol penggunaan media dan informasi digital sangat penting agar tidak terkecoh dengan dampak negatif yang ditimbulkan. Orang tua harus memiliki pemikiran yang menerima perkembangan teknologi dan memaksimalkan pemanfaatannya bagi perkembangan anak. Hal ini membimbing orang tua dalam menyaring mobilitas anak dengan teknologi untuk menghindari kecanduan negatif yang merusak perkembangan moralitas anak.
References
Depdiknas. (2011). Pendidikan Karakter Untuk Membangun Karakter Bangsa.
Fitriani, A. (2016). Pembentukan Moral Pancasila Pada Anak Usia Dini di Madrasah Diniyah Nurus Salam Desa Kalongan Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. UNNES.
Gussevi, S., & Aeni Muhfi, N. (2021). Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim di Era Revolusi Industri 4.0. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(01), 46–57. https://doi.org/10.52593/PDG.02.1.05
Haricahyono, C. (1995). Dimensi-dimensi pendidikan moral. Semarang : IKIP Semarang Press.
Istadi, I. (2006). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Inti.
Karim, M. A. (2004). Menggali Muatan Pancasila dalam Perspektif Islam. Surya Raya.
Ruslan, R. (2020). Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.807
Siswoyo, D. (2005). Metode Pengembangan Moral Anak Prasekolah.
Y. Ch. Nany S. (2009). Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Humanika, 9(1), 107–116.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).