Pembentukan Sikap Prososial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drama di TK IT Permata Hati Banjarnegara


Amalia Nurbaiti(1*), Novan Ardy Wiyani(2)

(1) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
(2) UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sikap prososial pada anak usia dini sangat penting untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang menjadi individu yang bertanggung jawab dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses kegiatan ekstrakrikuler drama dan dampaknya terhadap pembentukan sikap prososial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler drama ini dapat menjadi salah satu cara dalam pembentukan sikap prososial anak usia dini dalam hal 1) Empati, yaitu kaitannya dengan anak-anak yang mulai memahami perasaan dan memiliki kepedulian terhadap temannya; 2) Komunikasi, yaitu kaitannya dengan anak-anak memiliki komunikasi yang baik antar teman maupun dengan guru, anak juga lebih aktif di kelas; dan 3) Kerja sama, yaitu kaitannya dengan anak-anak mau bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Dari sinilah, kegiatan ekstrakurikuler drama dapat membantu membentuk sikap prososial anak usia dini.

Keywords


Anak usia dini, ekstrakurikuler drama, sikap prososial

References


Abidin, R. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MEMALUI METODE BERMAIN PERAN DRAMA PADA SISWA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 58 SURABAYA. Jurnal Pedagogi, 2(3).

Albi, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak Publisher.

Annisa, D., & Djamas, N. (2020). MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BABINTINGAN. Jurnal AUDHI, 3(1).

Dian, H. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak: Peduli Lingkungan Dan Peduli Sosial. Cosmic Media Nusantara.

Fitria, Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. JPP PAUD FKIP Untirta, 7(2).

Flook, L., Goldberg, S. B., Pinger, L., & Davidson, R. J. (2015). Promoting Prososial Behavior And Self-Regulatory Skills In Preschool Children Through A Mindfulness-Based Kindness Curriculum. Developmental Psychology, 51(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1037/a0038256

Hewi, L., & Surpida. (2019). Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak di RA An-Nur Kota Kendari. JECED, 1(2).

KBBI. (2016). Kerja sama. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kerja sama

Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prososial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2018). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosda Karya.

Prima, E. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(2).

Pujiati, D. (2013). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Peran. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 7(2).

Yeni, R. A., & Aulia, P. (2019). Efektivitas Kegiatan Outbound Fun Estafet untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak–Kanak Al-Jannah Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v6i1.27130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292