Pengembangan Media Animasi Berbasis Android “Ayo Sholat” untuk Menstimulasi Kemampuan Belajar Sholat Anak


Eka Ellya Wahyuningsih(1*), Muhammad Busyro Karim(2)

(1) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
(2) Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan belajar sholat anak melalui media animasi berbasis android “Ayo Sholat”. Hasil observasi dan wawancara awal menunjukkan bahwasannya kemampuan belajar sholat anak belum tercapai secara maksimal, dan penggunaan media pembelajaran terbatas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, dan dilaksanakan di TK Budi Luhur dengan subjek uji coba sebanyak 33 peserta didik yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam uji coba media animasi berbasis android “Ayo Sholat” adalah uji coba ahli media memperoleh nilai presentase sebesar 93,75% yang termasuk pada kategori (Sangat Layak) untuk digunakan dalam pembelajaran, ahli materi sebesar 90% (Sangat Layak) untuk digunakan dalam pembelajaran, uji coba perorangan sebesar 82,42% (Layak) untuk diterapkan dalam pembelajaran, kelompok kecil sebesar 83,63% (Layak) untuk terapkan saat pembelajaran, dan kelompok besar sebesar 90,82% (Sangat Layak) untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media animasi berbasis android “Ayo Sholat” sangat layak untuk digunakan dalam menstimulasi kemampuan belajar sholat pada anak.

References


Anwariningsih, S. H., dan Ahmad, K. A. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Video MakerFX Sebagai Pendukung Pembelajaran Daring. Jakarta: CV. Catur Berlian Media Tama.

Dhiu, K. D, dkk. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Pekalongan: PT Nasya Expending Management. 171

Ekaningtyas, N. L. D, dkk. (2022). Stimulasi Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia Dini.

Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Khoironi, dan Mashdaria, H. (2021). Peningkatan Nilai-Nilai Sholat Pada Anak Usia Dini.

Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Khoiroh, M., dan Mila Karmila. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Sholat Melalui Gambar Seri Pada Peserta Didik RA A 2020/2021 Miftahul Ulum Ngemplak. Jurnal Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 10, No. 2, Hal: 368

Pratomo, A. (2019). Media Interaktif Berbasis Android. Yogyakarta: Poliban Press.

Rahman, H., Kencana, R., dan Faizah. N. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Ramansyah, Wanda. (2018). Model-model Pengembangan Media Pembelajaran. Surabaya: Pondok Pesantren Jagad Alimussirry (Anggota IKAPI)

Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka.

Rayanto, Y. H., dan Sugianto. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 : Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v6i1.28726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292