EPISTIMOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM PANDANGAN JEAN PIAGET


rizki faizah isnaeni(1*), Maemonah Maenonah(2)

(1) ,  
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Piaget menjelaskan sejumlah gagasan untuk mendeskripsikan perubahan-perubahan dalam pemikiran yang  diamati pada anak-anak dan orang dewasa. Perkembangan kognitif dimulai dari proses-proses berpikir secara konkret. Dalam teorinya Piaget menjelaskan bahwa kemampuan kognitif terdiri atas empat tahapan dimulai dari manusia lahir hingga dewasa. Piaget percaya bahwa anak-anak memiliki ketertarikan terhadap dunia dan secara aktif mencari informasi yang dapat membantu mereka mengenali dunia tersebut. Sebagai seorang pakar yang banyak melakukan penelitian tentang tingkat perkembangan kemampuan kognitif manusia. Pemikiran Jean Piaget dalam filsafat pendidikan anak usia dini mengacu pada pandangan epistimologi, dikarenakan Jean Piaget menyebut sistem epistemologinya sebagai sebuah usaha untuk menjelaskan pengetahuan yang berdasarkan pada sejarah, asal usul sosial, dan terutama sisi psikologis dari pengertian-pengertian dan operasi-operasi yang mendasarinya.          

       


Keywords


Pemikiran Jean Piaget; Perkembangan Kognitif; Pendidikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292