Minat Bermain Musik Anak Usia Dini antara Bermain Perkusi dan Bermain Angklung


Sinta Nur Meilani(1*)

(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat bermain musik anak RA dengan penggunaan permainan musik perkusi dan angklung pada aspek perkembangan seni anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Desain pada kelompok B di RA Al Bajuri Cikajang Garut dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas B1 dan B2 sebanyak 27 anak yang berjumlah kelas B1 sebagai kelas kontrol 14 anak dan B2 sebagai kelas eksperimen 13 anak. teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, unjuk kerja, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minat bermain musik anak dengan menggunakan alat musik perkusi diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 62 dengan kategori mulai berkembang dan post-test sebesar 78 dengan kategori berkembang sesuai harapan. Sedangkan pada kelas yang menggunakan alat musik angklung diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 56 dengan kategori mulai berkembang dan post-test sebesar 68 dengan berkembang sesuai harapan. Perbandingan minat bermain musik anak dengan yang menggunakan alat musik perkusi dan angklung memiliki perbedaan  yang signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil post-test uji hipotesis yang menunjukan nilai thitung = 4,000 > ttabel = 2,060 pada taraf signifikansi 5%.

Keywords


anak usia dini, minat, perkusi, angklung

Full Text:

PDF

References


Agustin, U. W. (2011). Penilaian Perkembngan Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Ali, M. (2010). Musik. Jakarta: Erlangga.

Anita Yus. (2015). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PRENAD MEDIA GROUP.

Emilia, s. d. (2014). Penerapan Bermain Musik Perkusi Untuk Meningkatkan Perkemangan Fisik Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B TK Al Huda Kerten Tahun 2013/2014. Diakses pada *Maret 2019.

Mahmud, A. (1995). Musik dan Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Masnur, M. (2006). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Muchoyar. (1991). Minat siswa FpTk - Ikip Yogyakarta Praktek Kerja Bengkel dan Laboratorium. Jurnal Ikip Yogyakarta, 7.

Nur Zamzam. (2013). Minat Siswa Terhadap Musik. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 9.

Rita Kurnia. (2012). Konsepsi Bermain dalam Menumbuhkan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal FKIP UNRI, 77.

Siti Aisyah, H. H. (2015). Aktivitas Mengajar Anak RA/TK dan PAUD. Bandung: Arfino Raya.

Sri Nurgianti. (2013). Pengaruh Alat Musik Perkusi terhadap Persepsi Bunyi dan Irama pada Anak. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 5.

Sugiyono. (2010). Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif. Bandung: CV. Alfabet.

Takdirotun, M. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tya Setyawati, D. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Musik Angklung. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Universita Sultan Agung Tirtayasa, 65.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292