Kemampuan Motorik Kasar Anak melalui Kegiatan Tari Kreasi Baru


Y. Puspa Andriani(1*)

(1) RA An-Nihayah Bandung Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan tari kreasi baru (kelas eksperimen) di RA An-Nihayah Bojongranca Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat, kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan tari daerah (kelas kontrol) di RA An-Nihayah Bojongranca Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat, dan perbedaan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan tari kreasi baru dengan kegiatan tari daerah di RA An-Nihayah Bojongranca Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B RA An-Nihayah Bojongranca Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat sebanyak 29 orang. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik kasar anak kelas eksperimen dengan kegiatan tari kreasi baru diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 55 dan post test sebesar 80. Sedangkan pada kelas kontrol dengan kegiatan tari daerah nilai rata-rata pre test 53 dan post test sebesar 72. perbandingan kemampuan motorik kasar anak dengan kegiatan tari kreasi baru dan kegiatan tari daerah memiliki perbedaan yang signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai thitung = 3,416 > ttabel = 2,052 pada taraf signifikansi 5%.

Keywords


anak usia dini; motorik kasar; kegiatan tari

Full Text:

PDF

References


Campbell, L. D. (2006). Metode Praktis Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Depok: Intuisi Press.

Caturwati, E. (2008). Tari di Tatar Sunda.

Decaprio, R. (2013). Aplikasi Pembelajaran Motorik di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Jazuli, M. (2008). Pendidikan Seni Budaya Suplemen Pembelajaran Tari. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Merdekawaty, S. R. (2010). Tari Kreasi Baru Nusantara. Bogor: Horizon.

Mulyani, N. (2016). Pendidikan Seni tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Mursyid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmi. (2008). Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saputra, Y., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdikbud.

Subana. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung : Alfabeta.

Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan. Bandung.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Media Grup.

Syah, M. (2003). psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292