Hubungan antara Aktivitas Melipat Kertas dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini


Elia Tarlina(1*)

(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil studi pendahuluan di kelompok B2 RA Al-Wafi menunjukkan bahwa, terdapat beberapa permasalahan yang terkait dengan kemampuan motorik halus yang belum berkembang secara optimal seperti saat menggunting pola hasilnya belum rapi tidak mengikuti garis sesuai pola. Dalam kegiatan menggambar, anak masih kaku memegang krayon sehingga hasilnya masih keluar garis. Kondisi demikian merupakan masalah yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas aktivitas melipat kertas, realitas kemampuan motorik halus dan realitas hubungan antara aktivitas melipat kertas dan kemampuan motorik halus. Metode yang digunakan yakni kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui lembar observasi dan dokumentasi. Adapun hasil perhitungan pada variabel X diperoleh nilai rata-rata sebesar 72. Nilai tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Sedangkan, pada variabel Y diperoleh nilai rata-rata 78. Nilai tersebut berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Hubungan antara ativitas melipat kertas dengan kemampuan motorik halus anak usia dini diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,99. Angka koefisien korelasi ini termasuk pada kategori kuat/tinggi karena berada pada interval 0,800-1,000. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung = 28,28 dan ttabel = 2,120. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas melipat kertas dengan kemampuan motorik halus anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi/pengaruh aktivitas melipat kertas terhadap motorik halus anak usia dini sebanyak 86%. Hal ini menunjukkan bahwa 14% kemampuan motorik halus anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


anak usia dini; melipat kertas; motorik halus

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Aplikasinya pada Penidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Hayati, Tuti. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Maolani, R.,& Cahyani, U.(2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Menteri Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

MS Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Ningtyas, Tia Pratama. (2017). Mengingkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) Pada Anak Kelompok A TK Aisiyah Bustanul Athfal. Tersedia. (http://journal.umsurabaya.ac.id) Diakses pada: 25 Juni 2019.

Rosalia. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soemarjadi, Muzni Ramanto, & Wikdati Zahri. (1993). Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Perguruan Tinggi.

Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakaraya.

Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung: PT. Tarsito.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Suminah, Enah dkk. (2015). Kerangka Dasar dan Muatan Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD Dirjen PAUD dan Diknas Kemendikbud.

Taniredja, & Mustafidah. (2012). Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292