PENGARUH ALAT PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-FURQAN MINASA UPA MAKASSAR
PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh alat permainan scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Tk Islam Al-Furqan Minasa Upa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penilaian kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang menganalisis pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan membaca anak, dengan penekanan pada analisis data statistik Membaca permulaan. Penelitian kuantitatif menekankan pada analisis data Membaca, yang kemudian dianalisis menggunakan metode statistik yang sesuai. Penelitian kuantitatif umumnya digunakan untuk menyelidiki pembuktian hipotesis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan alat permainan scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Furqan Minasa Upa Makassar. Ini dibuktikan melalui serangkaian pemberian perlakuan serta didukung oleh beberapa teori dan penelitian sebelumnya yang relevan. Melalui uji wilcoxon yang dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak, sehingga permainan scrabble dan puzzle huruf memberikan dampak atau pengaruh positif dan efektif terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Widya Ayu Rosita Raning

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).