PENGARUH ALAT PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-FURQAN MINASA UPA MAKASSAR: PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK

PENGARUH ALAT PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-FURQAN MINASA UPA MAKASSAR

PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK

Penulis

  • Widya Ayu Rosita Raning Universitas Negeri Makassar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh alat permainan scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Tk Islam Al-Furqan Minasa Upa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penilaian kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang menganalisis pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan membaca anak, dengan penekanan pada analisis data statistik Membaca permulaan. Penelitian kuantitatif menekankan pada analisis data Membaca, yang kemudian dianalisis menggunakan metode statistik yang sesuai. Penelitian kuantitatif umumnya digunakan untuk menyelidiki pembuktian hipotesis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan alat permainan scrabble terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Furqan Minasa Upa Makassar. Ini dibuktikan melalui serangkaian pemberian perlakuan serta didukung oleh beberapa teori dan penelitian sebelumnya yang relevan. Melalui uji wilcoxon yang dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dapat disimpulkan bahwa perlakuan yang diberikan untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak, sehingga permainan scrabble dan puzzle huruf memberikan dampak atau pengaruh positif dan efektif terhadap kemampuan membaca pada anak usia 5-6 tahun.

Diterbitkan

2024-09-25

Terbitan

Bagian

ARTIKEL
Loading...