PENERAPAN DESAIN INSTRUKSIONAL MODEL KEMP BERBASIS KOOPERATIF LEARNING STAD PADA MATERI FIQIH

Evi Syarif Hidayat, Tarsono Tarsono

Abstract


mata pelajaran PAI yang diidentikkan dengan pembelajaran yang bersifat hapalan, pasif dan hanya beroerintasi kepada buku teks. Hal ini dikuatkan oleh peran guru PAI yang mengajar tanpa desain instruksional yang matang dan mengandalkan kebiasaannya sebagai pemberi nasihat dalam pengajaran. Pembelajaran bersifat satu arah dan lebih banyak diisi dengan ceramah dari guru. Tujuan penelitian untuk merancang desain instruksional berdasarkan model Kemp yang dielaborasi dengan pendekatan kooperatif learning metode STAD pada kompetensi Fiqih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai kerangka, patokan dan asas, dan metode penelitian ialah kajian isi dengan memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang benar dari berbagai sumber buku dan dokumen. Hasil penulisan ialah rancangan pembelajaran PAI dengan model Kemp yang terdiri dari sepuluh unsur, dimulai dari pernyataan tujuan umum dan diakhiri dengan evaluasi hasil belajar. Pembelajaran PAI akan lebih bermakna apabila guru PAI mau mengembangkan desain instruksional model Kemp ini. Implikasi penulisan ini, perlu ditindaklanjuti dengan kajian praktik lapangan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi desain instruksional model Kemp.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin;, & Zain, I. A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Bandung.

Agustan, S. (2015). Pembelajaran Model Kemp Pada Topik Bangun. (November), 195–203.

Anwar, C., & Nuryana, A. (2019). Nilai Pendidikan Aqidah Akhlak dalam Surat al Baqarah ayat 177 dan an Nisa ayat 36. Atthulab, 4.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa). (n.d.-a). Arti kata instruksional - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved December 22, 2020, from https://kbbi.web.id/instruksional

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa). (n.d.-b). Arti kata metode - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved April 26, 2020, from https://kbbi.web.id/metode

Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Guru. (2012). Pendalaman Materi Kompetensi Profesional. Bandung: Rayon Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Bandung.

Danim, S. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Dwiyogo, W. D. (n.d.). Rancangan Pembelajaran.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Tokoh Pemikiran. PT Remaja Rosdakarya.

H.M., A. (1996). Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Jakarta: Kemendikbud.

Kemp, J. E. (1994). Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.

Lauto, H., Uno, H. B., & Laliyo, L. A. R. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Desain Instruksional Jerrold E. Kemp dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII Semester Genap Mts Negeri Gorontalo. 197–210. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Prosiding-Big-Data-2016.pdf

Madjid, N. (2000). Islam Doktrin dan Peradaban; Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemodernan. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 38 Tahun 2018 tentang KI KD. , (2018).

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Mudhoffir. (1996). Teknologi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhaimin et. al. (2012). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munthe, B. (2014). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Mustaina; Andrizal; Nahwiyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Jerrold E. Kemp dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 009 Parit Tarakan Air Hitam Kecamatan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FTK UNIKS, 34–40.

Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan. , Pub. L. No. 55 (2007).

Rahmat. (2017). Pendidikan Agama Islam Multidisipliner. Yogyakarta: LKIS.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2017). Cooperatif Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsuri. (2006). Pendidikan Agama Islam SMA Jilid 2 untuk Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (1996). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarsono. (2020). RPS Silabus Desain Pembelajaran. Program Pasca Sarjana UIN Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING IN: 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276