ANALISIS PENGARUH PANDEMI COVID-19 PADA PROSES PEMBELAJARAN TAHSIN DAN TAHFIDZ ONLINE DI LEMBAGA KURSUS AL-QUR’AN TAR-Q

Ramdan Ramdan

Abstract


Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih terus menjadi misteri menakutkan bagi seluruh umat manusia di dunia yang dampaknya bukan hanya pada sektor ekonomi dan kesehatan saja namun juga berdampak pada sektor pendidikan, bukan hanya pada pendidikan-pendidikan formal saja namun juga pada pendidikan non formal yang salah satunya adalah lembaga pendidikan kursus dan pelatihan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an. Lembaga tar-Q yang merupakan salah satu lembaga yang bergerak pada bidang pendidikan Al-Qur’an adalah salah satu lembaga pendidikan non formal yang ikut terkena imbas atau dampak dari pandemi covid-19 baik pada murid atau peserta didik, pada orang tua juga pada guru atau pendidik.


Full Text:

PDF

References


A., D. W., & J., W. R. (2004). Vark preferred learning styles and online education. Management Research News, 27(7), 1–13. https://doi.org/10.1108/01409170410784211

Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI, 2(1), 55–61.

Alina, Z., & Dallas, B. (2006). Learning styles and online education. Campus-Wide Information Systems, 23(5), 325–335. https://doi.org/10.1108/10650740610714080

Boonlert, W. (2016). Online learning adoption: effects of neuroticism, openness to experience, and perceived values. Interactive Technology and Smart Education, 13(3), 229–243. https://doi.org/10.1108/ITSE-06-2016-0017

Darna, N., Herlina, E., Tetap, D., Studi, P., Fakultas, M., Universitas, E., & Ciamis, G. (2018). Memilih metode penelitian yang tepat: bagi penelitian bidang ilmu manajemen, 5(April), 287–292. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359/1118

Economy, C. (2020). Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1, 37–48. Retrieved from http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/IJNHS/article/view/225

Fang, Z. (2003). Enhancing the quality of online higher education through measurement. Quality Assurance in Education, 11(4), 214–221. https://doi.org/10.1108/09684880310501395

Hadjar, I. (1999). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kwantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak (Erlangga). Jakarta: Erlangga.

Misha, C., & Fredrick, M. N. (2014). Strengthening student engagement: what do students want in online courses? European Journal of Training and Development, 38(9), 782–802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123

Preventif, P., Dalam, P., Penyebaran, P., Syaykh, S., Di, A.-Z., Kontribusinya, A., … Pembelajaran, P. (n.d.). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia : https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan, 3(2), 289–295. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/download/293/293/

Somer, L., L., W. A., & Garrett, D. A. (2015). Providing Chances for Students to Recover Credit: Is Online Learning a Solution? In Exploring Pedagogies for Diverse Learners Online (Vol. 25, pp. 143–157). Emerald Group Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1479-368720150000027007

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tsanawiyah, M., & Kudus, D. I. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSACTIONAL , TRANSFORMATIONAL , AUTHENTIC DAN AUTHORITARIAN TERHADAP KINERJA GURU, 04(01), 70–80. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340667866

Utarini, A. (2020). Tak Kenal Maka Tak Sayang: Penelitian Kualitatif Dalam pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yaomi, Mu. (2018). MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING IN: 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276