Tiktok Application: A Study of Student Learning Concentration


Khairana Filzah Faradis(1*), Reksiana Reksiana(2)

(1) Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, Indonesia
(2) Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Lack of concentration in learning causes a decrease in the quality of learning, so it needs to be improved to improve student learning. This study aims to determine the learning concentration of students of the Tarbiyah Faculty of the Institute of Al-Qur'an Science (IIQ) Jakarta, which is influenced by the use of the TikTok application. With this, researchers can determine whether or not there is an effect on using the TikTok application. This research includes quantitative research with a descriptive method. The population in this study was 596 students, and the objects were all students of the Tarbiyah Faculty of the Institute of Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, with a total sample of 86 people. The data collection technique uses a questionnaire. The results showed that, in the simple linear regression test, there was an influence between the X variable and the Y variable. That is <0.05= 0.007. It means that if the significance value is less than 0.05, it can be declared significant. Based on the result, the use of the TikTok application contributes 7.1% to the level of concentration in student learning, and other factors influence the rest.

Kurangnya konsentrasi belajar menyebabkan menurunnya kualitas belajar, sehingga hal tersebut perlu ditingkatkan agar belajar mahasiswa lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta yang dipengaruhi oleh penggunaan aplikasi TikTok. Dengan ini peneliti dapat mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan aplikasi TikTok. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 596 mahasiswa, yang dijadikan objek adalah seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta dengan jumlah sampel 86 orang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji regresi linier sederhana terdapat pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Yaitu < 0,05 = 0,007. Artinya jika nilai signifikansi kurang dari 0,05 dapat dinyatakan signifikan. Dan dapat diketahui pula bahwa penggunaan aplikasi TikTok memberikan kontribusi 7,1% dalam tingkat konsentrasi belajar mahasiswa selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Concentration of Learning; Intensity; TikTok Application

Full Text:

PDF

References


Aprilia, D., Suranata, K., & Ketut Darsana. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 2–3. https://media.neliti.com/media/publications/245200-penerapan-konseling-kognitif-dengan-tekn-7d41aa3f.pdf

Asdiniah, E. N. A., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(Vol. 5 No. 1 (2021): 2021), 1675–1682.

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.

Bahri, A., Damayanti, C. M., Helena Sirait, Y., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 120–130. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.525

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2019). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi TikTok. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 7(2), 77. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/1432

Fatimah, S. D., Hasanudin, C., & Amin, A. K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran Mendemonstrasikan Teks Drama. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 120–128.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199–208. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Fitri, M. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Lancang Kuning Dumai. Jurnal Tamaddun Ummah, 1(1), 19–28.

Ilahin, N. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Tik-Tok terhadap Karakter Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA, 3(1), 112–119. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.300

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, 1(1), 1–10.

Mana, L. H. A. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(4), 428–429. https://doi.org/10.47387/jira.v2i4.107

Marini, R. (2019). Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. In polGov (p. 101).

Mirsadi, M., Nurhasanah, N., & Nurbaity, B. (2019). Penggunaan media sosial dan kaitannya dengan interaksi sosial Siswa SMP Negeri 4 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1), 29–39.

Muslimah, S. (2019). Analisis Novel “Assalamualaikum Calon Imam” Karya Ima Madiniah (Aspek Psikologis). Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 75. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4247

Pratama, S., & Muchlis, M. (2020). Pengaruh aplikasi TikTok terhadap ekspresi komunikasi mahasiswa universitas islam negeri (uin) sunan ampel surabaya tahun 2020. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(2), 102–115.

Rachmawaty, A. (2021). Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Tematik : Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 8(1), 29–44. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/535

Ramadhan, R. (2020). Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Baru di Zaman Digital. Multaqa Nasional Bahasa Arab III, 3(1), 523–537. https://munasbauai.com/index.php/mnba/article/view/118

Rochayati, F., Nurjan, S., & Aryanto, A. (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas Belajar Homogen Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik Di Mi Darul Fikri Ponorogo. In TARBAWI:Journal on Islamic Education (Vol. 1, Issue 2, p. 115). https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i2.584

Septiani, S., & Ervina, A. (2015). Hubungan jenis kelamin dan sumber informasi dengan pengetahuan remaja mengenai penyakit menular seksual (PMS). E-Jurnal Obstretika, 3(1), 33–46.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Susilowati, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi Tiktok sebagai personal branding di instagram (studi deskriptif kualitatif pada akun@ bowo_allpennliebe. Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.

Wayong, M. (2017). Menuju Era Globalisasi Pendidikan: Tantangan dan Harapan bagi Perguruan Tinggi di Tanah Air. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 219. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5223

Winaldy, R. (2022). Kinerja Pelayanan Kesehatan Berbasis Home Care Dan Telemedicine Ambulance Laut Di Kota Makassar= Performance of Health …. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/13937/%0Ahttp://repository.unhas.ac.id/id/eprint/13937/2/E021171015 1-2.pdf

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1062

Zaputri, M. (2021). Dampak Kecanduan Media Sosial TikTok terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling IAIN Batusangkar skripsi Ditulis Sebagai Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjna (S-1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v2i1.15299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276