The Libat Method to Improve Qur'anic Learning Ability


Fery Ahmad Komarudin(1*), Karman Karman(2), Opik Taupik Kurahman(3), Mohammad Hendri Alfarouq(4)

(1) SMK Medina - YAPINU Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) al-Azhar University Cairo, Egypt
(*) Corresponding Author

Abstract


The background of this research begins with students' low learning ability, which has an impact on learning outcomes to be low. This study is related to Islamic Education subjects in the scope of reading and writing the Qur'an. Therefore, this study aims to improve students' ability to read and write the Qur'an through Libat method. The research method used in this research is the Classroom Action Research method. The results were quite satisfactory; about 83% of students had an increased ability to read and write the Qur'an from two cycles. So it can be said that the entangling method can improve students' ability to read and write the Qur'an.

Latar belakang penelitian ini diawali oleh rendahnya kemampuan belajar siswa yang berdampak hasil belajar menjadi rendah, dalam penelitian ini berkaitan dengan mata pelajaran Islamic Education dalam lingkup materi membaca dan menulis Al-qur`an. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-qur`an pada peserta didik melalui metode Libat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Classroom Action Research atau yang dikenal dengan penelitian tindakan kelas. Adapun hasil temuannya setelah diterapkan metode Libat, memiliki hasil yang cukup memuaskan sekitar 83% peserta didik memiliki peningkatan di dalam kemampuan membaca dan menulis Al-qur`an, hal itu dapat dilihat dari setiap dan antar siklus. Sehingga dapat dikatakan bahwa metode Libat mampu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-qur`an pada peserta didik.


Keywords


Libat; Method and Learning; The Qur'an

Full Text:

PDF

References


Adima, F. F., Sudrajat, A., & Sauri, S. (2022). Manajemen Pembelajaran Daring Melalui Platform E-Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas (Studi Kualitatif di SMA Negeri 24 Bandung dan SMA Swasta Pasundan 1 Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5124–5134. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6259

AhMad, T. S. (2020). Urgensi Pengembangan Diri dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ). An-Nahdlah, 6(2), 21–45.

Hidayah, A. R., Hanifiyah, F., & Zahro, F. (2022). Implementasi Program BTA (Baca Tulis Al Quran) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Santri. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 109–125. https://doi.org/https://doi.org/10.56013/fj.v2i1.1382

Hidayati, E. W. (2020). Mencetak Generasi Anak Usia Dini yang Berjiwa Qur’ani dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. JCE (Journal of Childhood Education), 3(2), 139–159. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.93

Ibda, H., & RahMadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru Madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.

Kusripinah, R. R. E., & Subrata, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis. Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 29–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507

Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi Dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19

Ningsih, A. (2022). Penggunaan metode LIBAT (Lihat Baca Tulis) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab materi Kitabah: Studi quasi eksperimen pada siswa kelas IX MTs Ibnu Jabal Cicalengka Bandung.

Putra, N. (2016). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Smp Negeri 4 Pariaman. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 203–218. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31958/jaf.v3i2.403

Rahayu, A. (2022). Pengaruh penerapan metode Fun Learning terhadap kemampuan Baca Tulis Alquran (BTQ) anak usia dini: Penelitian di kelas B Usia 5-6 tahun RA Robithoh Ciparay.

RaMadhan, S., & Diani Syahfitri, N. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam DI SMP NEGERI 3 TANJUNG PURA. Jurnal Iqtirahaat, 6(2), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.56446/ji.v6i2.75

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 202–213.

Sitopu, J. W., Subakti, H., Simarmata, J., Nirbita, B. N., RaMadhana, R. S. A., Haeruman, L. D., & Yulita, W. (2022). Aplikasi Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Sjam, D. A., Permana, J., & Nurcahyanti, O. I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Group (Wag) Sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) PADA SISWA KELAS IV (Studi Kasus Pembelajaran di Era Pandemi di SDN Kencana Indah II. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 727–744. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.345

Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2017). Pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru ekonomi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 162–178. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPMM.001.2.02

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Supian, S. (2021). Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Ipa Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 22–28. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/suluh.v7i1.2733

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.

Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Hamdani, M. D. Al. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam(SL), 7(1), 17–34. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358

Widiani, L. S., Darmawan, W., & Ma’mur, T. (2018). Penerapan Media Film sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengolah Informasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 7(1), 123–132. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/factum.v7i1.11932

Yumarlin, M. Z. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1), 75–84.




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v2i1.18166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276