Effectiveness of Contextual Learning Models, Problem-Based Learning, and Learning Outcomes


Millah Maryam As-Sa'idah(1*), Ujang Dedih(2), Maslani Maslani(3)

(1) MTs YPPS Sukamiskin, Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of contextual, problem-based learning and conventional learning models on student learning outcomes. The method used is quantitative with a comparative design. The object of this research is the learning outcomes of the seventh-grade students of MTs YPPS Sukamiskin. Class VII A consists of 32 students using a contextual model, class VII B has 34 students using a problem-based learning model, and class VII C has 32 students using a conventional one. Testing the data using the one-way ANOVA test which was analyzed by the SPSS version 20 application. The results of the normality test study, data using contextual learning models, problem-based learning and conventional normal distribution, and other evidence are indicated by the distribution of points on the Q-Q diagram on a diagonal line.  While the results of the homogeneity test, the variance data is not homogeneous, this is indicated by the sig value of more than 0.05, namely 0.013. The conclusion from the results of this study is that the use of contextual learning models is more effective than problem-based and contextual learning models. This is evidenced by the average result (mean) using the contextual model is 81.5625, while the average result of the problem based learning model is 61.1765 and the average result of the conventional model is 57.5000.

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran contextual, problem based learning dan konvensional terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan kuantitatif dengan desain komparatif. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII MTs YPPS Sukamiskin. Kelas VII A berjumlah 32 menggunakan model contextual, kelas VII B berjumlah 34 siswa menggunakan model problem-based learning dan kelas VII C berjumlah 32 siswa menggunakan konvensional. Pengujian data menggunakan uji ANOVA satu jalur yang dianalisis oleh aplikasi SPSS versi 20. Hasil penelitian uji normalitas, data yang menggunakan model pembelajaran contextual, problem-based learning dan konvensional berdistibusi normal dan bukti lain ditujukan oleh sebaran titik-titik pada diagram Q-Q berada pada garis diagonal. Sedangkan pada hasil uji homogenitas, data variansi nya tidak homogen hal ini ditujukan oleh nilai sig lebih dari 0,05 yaitu 0,013. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran contextual lebih efektif dibanding dengan model problem-based learning dan contextual. Hal tersebut dibuktikan hasil rata-rata (mean) dengan penggunaan model contextual adalah 81,5625, sedangkan hasil rata-rata model problem-based learning adalah 61,1765 dan hasil rata-rata model konvensional adalah 57,5000.


Keywords


Contextual; Conventional; Effectiveness; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPA kelas V. Journal of Education Technology, 1(3), 183–190. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12503

Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 3(1), 37–56.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Telaumbanua, T., & Ndruru, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. KPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13–26.

Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Pembelajaran Konvensional (Studi Komparasi di MTs Al-Muttaqin Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian, 10(1), 125–146.

Istiqomah, I. (2020). Implementasi Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Ibadah Salat. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 51–72. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i2.1648

Kaunang, C. A. (2013). Analisis perbandingan kinerja keuangan perusahaan menggunakan rasio profitabilitas dan economic value added pada perusahaan yang tergabung dalam LQ 45. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 648–658. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2140

Khotimah, K. (2013). enerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas I SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan pembelajaran konvensional dan pembelajaran berbasis masalah terhadap titik jenuh siswa maupun hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Educatio Vitae, 1(1), 153–164.

Maryani, T. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Stad dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Kreatif PAI, 1(1), 22–30.

Nurhasanan, N. A. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif learning Tipe P. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(5), 607–615.

Ristiningsih, R., Karimah, S., & ’Adna, S. F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Rme Berbantu E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(1), 49–57. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i1.33280

Rukajat, A. (2019). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1), 85–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4589

Sadiyono, B., & Sri, S. (2014). Pendekatan Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada Bidang Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 67–74.

Saleh, M. (2013). Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika MEdia Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 190–220. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Sains Teknologi Masyarakat (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Sebuah Studi Literatur." Pedagogi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 2–18. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2611

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal Pf Elementary Education, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285

Subianto, M. (2016). Pengaruh Gaji dan Insentif terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Serba Mulia Auto di Kabupaten Kutai Barat. Jurnal. Kalimantan Timur, Universitas Mulawarman Jurnal Administrasi Bisnis, 4(3), 699–712.

Sukmawarti, S., Hidayat, H., & Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Junral Pendidikan Dan Konseling (PJDK), 4(4), 886–894. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5345

Sulfemi, W. B., & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantu Media Miniatur Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Edunomic:Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 7(2), 73–84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1970

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas Viii Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jukasi : Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1025




DOI: https://doi.org/10.15575/jipai.v2i1.18786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

INDEXING IN: 

 


Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) S2 Program Pascasarjana UIN SGD Bandung
Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292
Phone: 022-7802276