Perbedaan Regulasi Emosi pada Mahasiswa dan Mahasiswi Yang Sedang Menjalani Bimbingan Skripsi di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang
DOI:
https://doi.org/10.15575/jops.v1i2.16803Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menjalani bimbingan skripsi. Walaupun banyak kendala-kendala yang dialami mereka harus mampu mengontrol emosinya agar skripsi dapat dikerjakan dengan baik dan selesai tepat waktu. Hal ini dilihat karena adanya perbedaan regulasi emosi pada setiap mahasiswa dan mahasiswi dalam menjalani proses bimbingan skripsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat tingkat regulasi emosi dan perbedaan regulasi emosi pada mahasiswa dan mahasiswi yang sedang bimbingan skripsi di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama agar dapat menyelesaikan skripsi dengan baik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data adalah skala regulasi emosi sebanyak 40 aitem. Skala tersebut telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji reliabilitas nya sebesar 0,946. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 188 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji nonparametric Man Whitney U Test dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.0
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, mahasiswa memiliki tingkat regulasi emosi rata-rata persentase sebesar 58,5% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan pada mahasiswi tingkat regulasi emosi rata-rata persentase sebesar 63,8% dengan kategori tinggi. Pada setiap jurusan tingkat regulasi emosi rata-rata paling tinggi, pada jurusan psikologi islam sebesar (70,4%) sangat tinggi, Aqidah dan Filsafat Islam sebesar (44,4%) sangat tinggi, Studi Agama-agama sebesar (55,6%) tinggi, dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir sebesar (40,7%) tinggi. Hal ini berarti apabila nilai persentasinya tinggi pada mahasiswa dan setiap jurusan m regulasi emosinya sangat baik dan mampu meregulasikan emosi dalam setiap hal-hal yang dilakukannya.
Referensi
Al-Qur'an Nur Karim
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Goleman. (2015). Emosional Intelligence: Kecerdasan Emotional Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Gross, J. (2014). Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations. Dalam Handbook of Emotional Regulation, edited bt James J. Gross. New York: Guilford Publications.
Hadist Ahmad 21348, Abu Daud 4782
Husnaini, R. (2019). Hadis Mengendalikan Amarah dalam Perspektif Psikologi. Diroyah Jurnal Studi Ilmu Hadist .
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) di akses tanggal 25 Agustus 2021 https://kbbi.web.id/Mahasiswa
Misbahuddin, &. I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triwantinah. (2020). Bahan Ajar Statistik Non Parametrik. Jakarta: UHAMKAUnduhan
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.



