PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH MATERI SUHU DAN KALOR

Pur yanti Soprihatin, Arghob Khofya Haqiqi

Abstract


Materi IPA khususnya sifat materi fisika yang kuantitatif, yaitu menggunakan konsep-konsep serta hubungan antara beberapa konsep yang memiliki banyak perhitungan matematis sehingga siswa sering merasa bosan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran simulasi interaktif berbasis adobe flash materi suhu dan kalor dan menganalisis bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran simulasi interaktif berbasis adobe flash materi suhu dan kalor. Penelitian  (Research and Development) dengan menggunakan metode 4D (Define, Design, Development, Dissemination).  Pengembangan media dimulai dengan pembuatan draft awal dalam bentuk story board yang kemudian disusun menggunakan fitur dalam adobe flash. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket dari ahli media, ahli materi, dan responden uji coba kelas kecil dan kelas besar diolah untuk menentukan tingkat kelayakan dari media pembelajaran. Adapun hasil penelitian dari ahli media mendapatkan rerata skor sebesar 3,625 ahli materi mendapatkan rerata skor rata- rata 3,53 dan 3,67 dari uji coba kelas kecil dan kelas besar mendapatkan rerata skor sebesar 3,59 dan 3, 62 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran simulasi interaktif suhu dan kalor mampu membuat peserta didik mudah mudah menyerap isi materi suhu dan kalor dengan mensimulasikan suatu praktikum kedalam media pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran, Simulasi Interaktif, dan Suhu dan Kalor

References


Aji, R. B., R, N. S., & Fatimah, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Adobe Flash CS6 dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Kaunia, XI(1), 78–83.

Anwar, C. (2017). Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontenporer. Yogyakarta: Ircisod.

Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud. (2017). Silabus Satuan Pendidikan Kelas IX. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), 1–78.

Muh. Jalaluddin, M. Y., & Alfat, dan S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 4(4), 174–177.

Nalinda, H. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas VI SDN Kalisegoro Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Putri, H. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle dan Spelling Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi. Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. Retrieved from http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Rinto Suppa, Jasruddin, dan A. A. (2015). Pengembangan Media Animasi Fisika Berbasis Adobe Flash pada Materi Gerak SMP Kelas VII. Jurnal KIP, III(3), 633–644.

Rohmat, F. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran KKPI Di SMK N 1 Wonogiri. Jurnal Universitas Negeri Semarang. Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/23271/1/5302411190.pdf

Saputri, Renny. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Scientific dengan Lectora Inspire pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya untuk Siswa SMP. Universitas Jambi.

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keberagaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Manajemen Pendidikan, 01(01).

Sugiyono. (2016). Metode Peneliian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto , Suhardjono, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syaifullah, R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Kompetensi Dasar Memperbaiki Sistem Air Conditioning (AC) Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 3 Yogyakarta (Vol. 14). Universitas Negeri Yogyakarta.

Yahya, F., Fatoni, A., & Walidain, S. N. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Tutorial Berbasis Adobe Flash Materi Cahaya Siswa Smp Kelas Viii. 358–365. https://doi.org/10.31227/osf.io/rq2ze




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: