Implementasi Pembelajaran STEM Berbasis Education for Sustainable Development pada Topik Energi Terbarukan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sistem


Teddy Kurniawan(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan berpikir sistem siswa antara pengajaran menggunakan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dan pengajaran konvensional tentang energi terbarukan. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Menggala dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design dan instrumen yang digunakan untuk memperoleh data hasil adalah soal tes pilihan ganda beralasan. Berdasarkan hasil dan pembahasan diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan system thinking siswa antara pembelajaran dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dan pembelajaran konvensional pada energi terbarukan. Penelitian ini juga menemukan bahwa pembelajaran STEM berbasis Education for Sustainable Development (ESD) lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa pada materi energi terbarukan.

Keywords


Education for Sustainable Development, kemampuan berpikir sistem, dan PjBL STEM.

References


Abdurrahman, A., Maulina, H., Nurulsari, N., Sukamto, I., Naufal Umam, A., & Maya Mulyana, K. (2023). Impacts of Integrating Engineering Design Process into STEM Makerspace on Renewable Energy Unit to Foster Ftudents’ System Thinking Skills. Journal Heliyon e15100. 9, 1-12.

Bustami, Y., Syafruddin, D ., & Afriani, R. (2018). The Implementation of Contextual Learning to Enhance Biology Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 451-457.

Casnas, Purnawan, Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Systems Thinking. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38.

Diana, N., Yohannes, Y., & Sukma, Y. (2021). The effectiveness of implementing project-based learning (PjBL) model in STEM education: A literature review. Journal of Physics: Conference Series. 1882. 1-7.

Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Pada Pembelajaran Fisika. Integrasi Pendidikan, Sains Dan Teknologi Dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah Di Era Revolusi Industri 4.0 , 4(1), 1–4.

Kiswanda, V., Aswirna, P., & Nurhasanah. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Stem dengan Prinsip Pembangunan Berkelanjutan terhadap Literasi Sains Siswa Kelas XI. Jurnal Cerdas Mahasiswa, 4(1), 62–75.

Meilinda, Rustaman, N. Y., Firman, H., & Tjasyono, B. (2018). Development and Validation of Climate Change System Thinking Instrument (CCSTI) For Measuring System Thinking on Climate Change Content. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1), 1–8.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 454–460.

Murnawianto, S., Sarwanto, & Rahardjo, S. B. (2017). Stem-Based Science Learning In Junior High School: Potency For Training Students’ Thinking Skill. Pancaran Pendidikan, 6(4), 69-80.

Orgill, M., York, S., & MacKellar, J. (2019). Introduction to Systems Thinking for the Chemistry Education Community. Journal of Chemical Education , 96 (12), 2720-2729.

Rahayu, S., Abdurrahman, A., & Suana, W. (2022). Implementasi PBL Terintegrasi STEM dengan Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Sistem Siswa SMA pada Topik Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 13(2), 233–242.

Skinner, E., Saxton, E., Currie, C., & Shusterman, G. (2017). A motivational Account of the Undergraduate Experience in Science: Brief Measures of Students’ Self-System Appraisals, Engagement in Coursework, and Identity as a Scientist. International Journal of Science Education, 39(17), 2433-2459.

Tseng, K. H., Chang, C. C., Lou, S. J., & Chen, W. P. (2013). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in a Project-Based Learning (PJBL) Environment. International Journal of Technology and Design Education, 23(1), 87–102.

Wijayanti, A & Fajriyah, K. (2018). Implementation of Stem Project Based Learning to Increase Scientific Work Skills of Prospective Students of Primary School Teacher. Jurnal Pendidikan Sains. 6(62), 62-69.

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar nasional Matematika dan Sains, Indramayu: Universitas Indralodra




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v9i1.28763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: