UJI KECEPATAN SESAAT MELALUI GERAK PARABOLA MENGGUNAKAN SOFTWARE TRACKER PADA PERMUKAAN GESEK

Muhamad Fasha Nurfauzan, Santi Santi, Sarah Nur Rahmawati, Marnita Geptia Sari

Abstract


Penelitian ini menguji kecepatan sesaat pada sebuah sistem bola tipis berongga yang menggelinding pada bidang lengkung tanpa kecepatan awal. Percobaan dilakukan dengan  mengubah kekasaran  bidang lintasan lengkung yang dilalui bola. Lintasan pertama memiliki kekasaran yang lebih besar daripada lintasan kedua yang nilai koefien gesek dapat diabaikan. Percobaan ini dilakukan dengan menganalisa titik jatuh bola sebagai sumbu x dan titik pelepasan bola sebagai sumbu y secara analitik dan ekperimental. Secara eksperimen yaitu dilakukan dengan cara melepaskan bola dari puncak bidang lengkung dan menandai titik jatuh bola saat sampai ke dasar. Gerakan bola selama meluncur direkam menggunakan video recorder handphone, lalu dianalisis menggunakan software traker. Pengolahan data dilakukan melalui proses manual menggunakan rumus gerak parabola, hukum kekekalan energi mekanik. Sofware tacker sendiri berfungsi sebagai analisis vidio pada setiap tracket. Selanjutnya menbandingkan nilai kecepatan relatif pada kedua sistem yaitu bidang kasar dan bidang licin. Hasil percobaan menunjukan bahwa.lintasan licin memiliki kecepatan sesaat lebih besar daripada kecepatan sesaat pada lintasan kasar. Dengan nilai secara pehitungan lintasan licin 1,431 m/s dan lintasan kasar 1,323 m/s. Sedangkan dengan menggunakan tracker nilai kecepatan sesaat pada gerak parabola di lintasan licin adalah 1,712 m/s dan di lintasan kasar adalah 1,589 m/s.

Keywords


Energi Mekanik, Gerak Parabola, Tracker

Full Text:

PDF

References


Ariwibowo, D., & Desmira. (2016). Pengembangan Aplikasi Simulasi Perhitungan Energi Mekanika Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi dalam Proses Belajar Siswa. Jurnal Prosisko, 12-16.

Halliday & Resnik, Pantur Silaban Ph.D & Drs. Erwin Sucipto. (1984). Fisika Untuk Universitas, Edisi ktiga, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Prastowo, T., Cholifah, L., Puspitasari, A. D., & Ain, N. T. (2016). Uji Hukum Kekekalan Energi Mekanik pada Sistem Dua Fluida. Uji Hukum Kekekalan Energi Mekanik pada Sistem Dua Fluida, 115-118.

Purwadi, & Ishafit. (2014). Pemodelan Gerak Parabola yang Dipengaruhi Seretan serta Spin Efek Magnus Bola denga Program Modellus dan Excell. JRKPF, 11-18.

Rusmardi. (2008). Analisis Percobaan Gesekan (Friction) untuk Pengembangan Teknologi Pengereman pada Kendaraan Bermotor. Jurnal Ilmiah Poli Rekayasa, 81-89.

Supardi, H. A. (2011). Telaah Gerak Parabol: Sifat Ellips dalam Gerak Parabola. Prosiding Simposium Nasional Pembelajaran dan Sains, 212-214.

Tipler, P. A. (1998). Fisika Untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i1.6546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Journal of Teaching and Learning Physics indexed by: