ANALISIS STRATEGI DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX): STUDI KASUS PADA D’GRUZ CAFFE DI KECAMATAN BLUTO SUMENEP


Ariza Qanita(1*)

(1) UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan pada usaha D’Gruz Caffe sekaligus merumuskan strategi baru dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal serta menentukan strategi alternatif yang sebaiknya diprioritaskan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis menggunakan matriks IFAS-EFAS, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa D’Gruz Caffe berada pada posisi hold and mantain sehingga strategi yang sebaiknya dilakukan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Hasil analisis SWOT merekomendasikan perusahaan harus melakukan strategi Strength-Oppotunity (SO) mencakup tiga alternatif strategi yang kemudian diurutkan dengan matriks QSPM untuk mendapatkan strategi prioritas. Hasil matriks QSPM mengurutkan tiga alternatif strategi yaitu strategi  memaksimalkan lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar potensial dengan skor TAS tertinggi sebesar 4,21, strategi memperbaiki dan menjaga kualitas produk untuk mempertahankan koneksi pelanggan dengan skor TAS sebesar 3,92 serta strategi memberikan diskon dan pelayanan yang baik untuk menjaga loyalitas pelanggan dengan skor TAS sebesar 3,26. Ketiga strategi tersebut menjadi saran manajemen strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Strategi yang sebaiknya diprioritaskan oleh perusahaan adalah memaksimalkan lokasi yang strategis untuk menarik pangsa pasar potensial.


Keywords


Manajemen Strategi, Matriks IFAS-EFAS, Matriks IE, SWOT, QSPM

Full Text:

PDF

References


Agus Hardiyanto, I. S. (2018). Analisis Strategi Pembangunan Desa Wisata di Sentra Pengrajin Keris. OPSI-Jurnal Optimasi Sistem Industri , 11 (1), 1-13.

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori-Konsep-Kerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dhika Amalia Kurniawan, M. Z. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Kampoeng Durian Desa Ngrogung Kecamatan Ngebel Ponorogo Melalui Analisis Matriks IFAS dan EFAS. Al-Tijarah , 5 (2), 93-103.

Hany Setyorini, M. E. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus:Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri , 5 (1), 46-53.

Hery. (2018). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Grasindo.

I Nengah Widiana Putra, B. P. (2019). Perumusan Strategi Pemasaran Bali Ragam Busana Dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). e-proceeding of engineering , 6 (2), 7317-7324.

Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Oei Venny Febrianti, M. S. (2014). Usulan Alternatif Strategi PT. X Menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). E-Journal Graduate Unpar , 1 (1), 1-12.

Safitri, D. (2018). Penggunaan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Untuk Penentuan Alternatif Strategi Prioritas Bisnis Tapis (Studi Pada UMKM Tapis Ruwa Jurai Bandar Lampung). Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Sedjati, R. S. (2015). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats