KETERKAITAN VISI DAN MISI TERHADAP KINERJA DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SOLOKANJERUK


Yunma Yunma(1*), Fauziah Endah Pahlevi(2), Mega Jessica(3), Siti Nur Apipah(4)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini terfokus pada kinerja staf Kantor Urusan Agama Solokanjeruk di kecamatan Solokanjeruk. Jenis penilitian ini menggunakan peniltian deskripsi kualitatif dari beberapa data sebagai kunci informasinya. Dalam hal ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada dua orang informan. Misi merupakan interpretasi dari visi dalam mewujudkanya. Kemudian visi itu sendiri pandangan ideal masa depan yang akan diwujudkan dalam upaya upaya yang realistik dan konkret. Menurut Imam Mchali dan Ara Hidayat mengatakan bahwa sebuah lembaga akan terfokus, terarah dan teratur termasuk didalamnya visi dan misi dalam kehumasan. Yang nantinya jelas memberikan pengaruh kolektif atas kinerja di dalam instansi tersebut. Saperti yang dikutip dalam hasil wawancara “visi misi sangat penting bagi sebuah intsansi karena berkaitan dengan kinerja dan kinerja staf itu sendiri yang akan menentukan visi misi tercapai dan tidaknya kemudian maksimal dan tidaknya.” Implementasi dari pandangan idel berbetuk visi misi harus mampu terejawantahkan dalam bentuk aktivitas yang kongkret dan nyata. Agar tidak sebagai kata semu yang mitos dalam suatu instansi.


Keywords


Visi, Misi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


A.A. Prabu Mangkunegara. 2012. Evaluasi kinerja SDM. Bandung: PT. Refika Aditama.

Anisa & Rahmatullah. 2020. Visi dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam dalam Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 4. No. 2.

Ari Laksmi Riani. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini. Yogyakarta: graha ilmu.

Calam & Amnah. 2016. Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan dalam Jurnal Ilmiah Saintikom. Vol. 15. No. 1.

Melati, M., & Nurwulandari, A. (2019). Analisis Reaksi Pasar terhadap Stock Split pada Perusahaan Bertumbuh dan Tidak Bertumbuh. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2).

Muhammad Ubaidin. 2019. Manajemen Kinerja karyawan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan pada PT Madani Prabu Jaya Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam NegeriSyarif Hidayatullah.

Muksin, M., & Engkus, E. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Tata Kelola Sampah Di Kabupaten Sumedang. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 33-42.

Nur, M., Effendy, K., Djaenuri, M. A., & Lukman, S. (2019). Implementation of Oversight Policy, Apparatus Competence and Organizational Culture and its Effect on Performance of Field Supervision Basic Education. International Journal of Science and Society, 1(3), 155-168.

Nurcahyo. 2015. Keterkaitan Visi, Misi dan Values terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Kulit “Dwi Jaya” dalam Jurnal Khasanah Ilmu. Vol. 6. No. 2.

Purnomo. 2015. Pengembangan Sasara, Visi dan Misi Hubuungan Masyarakat di Lembaga Pendidikan Berbasis Kepuasan Pelanggan dalam Jurnal Kependidikan. Vol. 3. No. 2.

Purnomo. 2015. Pengembangan Sasara, Visi dan Misi Hubuungan Masyarakat di Lembaga Pendidikan Berbasis Kepuasan Pelanggan dalam Jurnal Kependidikan. Vol. 3. No. 2.

Sugiono, E., & Efendi, S. (2020). Leadership Style, Work Discipline, and Compensation to Employee Performance through Job Satisfaction. ENDLESS: International Journal of Future Studies, 3(2), 47-63.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukirno. 2005. Membangun Visi dan Misi Usaha Kecil dalam Jurnal Pendidikan. Vol. 4. No. 1.

Sukirno. 2005. Membangun Visi dan Misi Usaha Kecil dalam Jurnal Pendidikan. Vol. 4. No. 1.

Sulyati, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dan Kompetensi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Meningkatkan Profesionalisme Karyawan. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(1), 15-21.

Suryadi. 2012. Pentingnya Visi dan Misi dalam Mengelola Suatu Usaha dalam Jurnal Asy-Syukriyyah. Vol. 9 Edisi 15. Hal 34.

Suryadi. 2012. Pentingnya Visi dan Misi dalam Mengelola Suatu Usaha dalam Jurnal Asy-Syukriyyah. Vol. 9 Edisi 15.

Sutrisno, Edy, 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Utomo, M. R., Azizah, M. A. N., Fadillah, M. R., Sholehah, N., Marthiana, N. P., Akbari, N. S., ... & Mulyawan, S. (2020). Analisa Kinerja Keuangan Metode Eva Dan Mva Pada Perusahaan Pt Waskita Karya (Persero) Tbk Tahun 2017-2019. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 2(1), 17-27.

Veithzal Riva’i dan Ella Jauvani Sagala, Manajement Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan.

Wilis, R. A., & Nurwulandari, A. (2020). The effect of E-Service Quality, E-Trust, Price and Brand Image Towards E-Satisfaction and Its Impact on E-Loyalty of Traveloka's Customer. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 1061-1099.

Yusuf Hamdan. 2001. PERNYATAAN VISI DAN MISI PERGURUAN TINGGI. Jurnal bahi. Vol. XVII. No. 1.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v2i1.12479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats