KONTRIBUSI WISATA RELIGI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI LINGKUNGAN ASTANA GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON


Tomy Saladin Azis(1*)

(1) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengembangan objek wisata merupakan program usaha dalam meningkatkan pendapatan masyarakat agar dapat membantu perekonomian keluarga untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan setiap harinya dengan pengembangan pariwisata sebagai suatu industri kegiatan perjalanan untuk meningkatkan spiritualnya, tentunya banyak aspek yang perlu dipertimbangkan karena dapat dilihat padatnya pengunjung dari berbagai kota yang ada di Indonesia. Saat ini peerkembangan pariwisata di Indonesia dititik beratkan pada setiap daerah masing-masing, karena daerah yang memiliki potensi serta objek wisata dan daya tarik wisata dari berbagai daerah. Wisata religi yang dimaksud disini lebih mengarah kepada wisata ziarah yang memiliki nilai sakral keagamaan yang bertujuan untuk bertemu atau yang disebut dengan ziarah (mengunjungi makam/kubur) atau dapat bersilaturahmi dari berbagai daerah. Dalam Islam ziarah kubur dianggap sebagai perbuatan sunah yaitu apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak berdosa. Pada praktiknya ziarah sebenarnya telah ada sebelum Islam, namun dilebih-lebihkan sehingga Rasulullah sempat melarangnya.


Keywords


Wisata Religi, Pengembangan, dan Ekonomi Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Anas, A. (2006). Paradigma Dakwah Kontemporer Aplikasi Teoritis dan Praktis sebagai Solusi Problematika Kekinian. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Ariani, C. (2002). Motivasi Peziarah. Yogyakarta: Putra Widya.

Aziz, A. (2003). Kajian Pengembangan Pariwisata Bahari di Kelurahan Pulau Kelapa Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota, Jakarta: Program Pasca Sarjana, Institusi Pertanian Bogor.

Bungin, B. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Edi Soeharto, E. (2004). Metodologi Pengembangan Masyarakat. Jakarta: BEMJPMI.

Fachruddin, F. M. (1982). Ekonomi Islam. Jakarta: Mutiara.

Fossey, E., Harvey, C., McDermott, F., & Davidson, L. (2002). Understanding and evaluating qualitative research. Australian & New Zealand journal of psychiatry, 36(6), 717-732.

Irawan & Suparmoko, M. (2008). Ekonomika Pembangunan. Yogyakarta: BPFE.

Jaelani, A. (2017). Industri Wisata Halal di Indonesia: Potensi dan Prospek. Retrieved from: https://mpra.ub.uni-muenchen.de/76237/1/MPRA_paper_76237.pdf

Karim, A. (1999). Sistem, Prinsip, dan Tujuan Ekonomi Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Kasiram, M. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Yogyakata: UIN-Maliki Press.

Lambert, V. A., & Lambert, C. E. (2012). Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design. Pacific Rim International Journal of Noursing Research, 16(4).

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2015). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Muslih, M. H. (2002). Kesahihan Dalil Ziarah Kubur Menurut Al-Qur’an dan Al-Hadist. Semarang: AR-RIDHA.

Noor, J. (2003). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Pendit, N. S. (1994). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam. (2008). Ekonomi Islam. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Qutb, S. (2004). Terjemah Tafsir Fi Zhilalil Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Rappaport, J. (2004). Studies in Empowerment: Introduction to he Issue, Prevention in Human Issue. USA.

Ridwan, M. (2012). Perencanaan Pengembangan Pariwisata. Medan: Softmedia.

Ruslan & Nugroho, A, S. (2007). Ziarah Wali Spiritual Sepanjang Masa. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Sacheri, A. (2007). Budaya Visual Indonesia. Bandung: Erlangga.

Sanrego, Y. D., & Taufik, M. (2016). Fiqih Tamkin (Fiqih Pemberdayaan). Jakarta: Qisthi Press.

Soekanto, S. (1999). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soelaeman, M. M. (1998). Ilmu Sosial Dasar: Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sofyan, R. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Republika.

Sumodiningrat, G. (2007). Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Bina Reka Pariwara.

Suwantoro, G. (2004). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Syam, N. (2005). Islam Pesisir. Yogyakarta: LKIS.

Waluya, B. (2007). Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Grafindo Media Pratama.

Zaky, A. (2002). Ekonomi dalam Perspektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.25148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats