ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DALAM TATA KELOLA SAMPAH DI KABUPATEN SUMEDANG

Mumuh Muksin, Engkus Engkus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pengelolaan sampai pada Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang menggunakan teori kualitas pelayanan Fitzsimmons. Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dimensi tangible belum berjalan dengan baik, kendalanya adalah kendaraan operasional untuk pengangkutan sampah, masih ada kendaraan yang secara fisik tidak baik. Dimensi reliability tidak berjalan dengan baik karena tidak komprehensif dalam pengangkutan sampah di wilayah Kabupaten Sumedang. Dimensi responsive, berjalan dengan baik, sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). Dimensi assurance, sudah berjalan dengan baik, karena dilihat dari keramahan dan sopan santun yang diberikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa terbantu dan tidak memiliki keluhan tentang omong kosong. Dimensi emphaty, telah berjalan dengan baik, karena telah terlihat cukup baik dari sikap resmi para petugas kepada masyarakat yang berjalan baik, sikap tegas terlihat dengan menawarkan sosialisasi para pelayan kepada masyarakat tentang pentingnya membuang sampah menempatkan dan menyebarluaskan informasi tentang dampak buruk ketika penghuni atau masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya.


Keywords


Kualitas Layanan; Pengelolaan Limbah; Kesadaran Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Anant, E. S. (2013). Peran Dinas Kebersihan dan Pertanaman dalam Pelaksanaan Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sidoarjo. (Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Jawa Timur).

Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Agustino, L. (2010). Implementasi Kebijakan Publik Model Van Meter dan Van Horn. Jakarta: Rajawali Press.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Sumedang. (2014). Permasalahan Sampah di Kabupaten Sumedang. Sumedang: Bappeda Kabupaten Sumedang.

Dewi, T. Q. (2007). Penanganan dan Pengelolaan Sampah. Jakarta : Penebar Swadaya.

Engkus, E. (2017). Implementasi Undang-Undang Perdagangan: Implikasinya Dalam Kebijakan Pengendalian Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat, JISPO: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politk, 18(1), 1-144.

Engkus, E. (2017). The Influence Of Organizational Behavior On Work Ethics Employees In Bandung Regency Government. IASET,1(1), 1-16.

Hamdi, M. (2014). Kebijakan Publik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Handayaningrat. (2002). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: Haji Mas Agung.

Hardiansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan M. S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Henry, N. (1995). Administrasi Negara dan Masalah-masalah Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayat, A. (2017). Reformasi Administrasi, Teori dan Aplikasi. Bandung. Fisip Unpas Press.

Ishak, D., Maolani, D. Y., dan Engkus, E. (2017). Konsep Kinerja Dalam Studi Organisasi Publik. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politk, 7(2), 101-120.

Keban, T. Y. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Gave Media

Kumorotomo, W. (2015). Etika Admminstrasi Negara. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Laporan Akuntanbilitas dan Kinerja Intansi Pemerintah Daerah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang tahun 2017.

Mochamad, R. Y. (2017). Peran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon dalam Pengelolaan Sampah tahun 2016. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Moleong, Lexy. (2007). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Mulyadi, D. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nurfitriana, A. P. (2013). Pengaruh Partisipasi Masyarakat terhadap Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. (Skripsi, Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung).

Pasolong, H. 2013. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Pasolong, H. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah Sejenis Rumah Tangga di Kabupaten Sumedang.

Peraturan Bupati Sumedang Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural Pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sastrawijaya, A.T. (1999). Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Silalahi, U. (2009). Studi Tentang Ilmu Administrasi: Konsep, Teori dan Dimensi. Bandung: Refika Aditama.

Subarsono. (2005). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subarsono, A. G. (2005). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparman, N., Chandra, D., & Sari, A. L. (2019). Bureaucratic Behavior in the Implementation of Capital Expenditure Budget in the Office of Public Work and Spatial Planning of Sumedang Regency. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 11(1), 99-109.

Taufiqurakhman. (2014). Kebijakan Publik, Pendelegasian Tanggung Jawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan. Jakarta: Universitas Moestopo Beragama Perss.

Wahab, S. A (2012). Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats