ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN STATISTICAL PROCESS CONTROL


Achmad F Shiyamy(1), Siti Rohmat(2), Adi Sopian(3*), Adang Djatnika(4)

(1) STIE Dr Khez Muttaqien,  
(2) STIES Indonesia Purwakarta,  
(3) UIN Sunan gunung Djati Bandung,  
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengendalian kualitas merupakan aktivitas teknik dan manajemen dimana mengukur karakteristik kualitas dari produk atau jasa, kemudian membandingkan hasil pengukuran itu dengan spesifikasi produk yang di inginkan serta mengambil tindakan peningkatan yang tepat apabila ditemukan perbedaan kinerja aktual dan standar. UMKM Keramik Mustika Bunda merupakan UMKM yang bergerak di bidang pembuatan keramik di Kabupaten Purwakarta. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengendalian kualitas di UMKM Keramik Mustika Bunda, Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dimana menggunakan alat Statistical Process Control (SPC) sehingga didapatkan peta kendali yang menggambarkan pengendalian kualitas. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pengendalian kualitas di UMKM keramik Mustika Bunda tidak terkendali, ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan terdapat 3 titik di luar kendali sehingga jumlah reject yang ada melebihi batas maksimal yang diperbolehkan. Berdasarkan analisis parsial cacat terbanyak yaitu cacat lepek, hal ini karena jumlah titik terbanyak yang melebihi batas maksimalnya.

 


Keywords


Kualitas, Pengendalian Kualitas, Statistical Process Control (SPC)

Full Text:

PDF

References


Arini, D. W. (2004). Pengendalian kualitas statistik. Andi Offset.

Ashar, K. (2012). Analisis Pengaruh Variabel Sosial Ekonomi Masyarakat URBAN Terhadap Kemandirian Ekonomi Ditijau Dari Aaspek Keuangan, Energi, dan Pangan Di Kecamatan SINGOSARI Kabupaten MALANG. Journal of Indonesian Applied Economics, 5.1.

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Besterfield, G. H. (1990). Brittle fracture reliability by probabilistic finite elements. Journal of Engineering Mechanics.

Gaspersz, V. (2005). Total Quality Control (Cetakan Ke). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Heizer, J., & Rander, B. (2009). Manajemen Operasi. Salemba Empat.

Kasih, P. H., & Sari, D. P. (2016). Analisis Penyebab Cacat Produk Keramik Tableware Yang Dihasilkan Mesin Dustpress Di Pt . Sango Ceramics Indonesia Menggunakan Statistical Process Control ( Spc ). Industrial Engineering Online Journal, 1–10.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Anlysis. Arizona State University.

Puspitasari, N. B., & Martanto, A. (2014). Penggunaan FMEA dalam mengidentifikasi resiko kegagalan proses produksi sarung ATM (Alat Tenun Mesin)(Studi kasus PT. Asaputex Jaya Tegal. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 9.2, 3–98.

Ras, S. A., & Prasetyo, A. A. (2014). Pengujian Setting Mesin Ball Mill Pada Produk Ma0700101 Dengan Pendekatan Spc Dan Metode Taguchi Di Pt Lucky Indah Keramik Tangerang. Jurnal Inovasi.

Stevenson, W. J. (2009). Management Operation. Prentice Hall.

Stevenson, W. J., & Chuong, S. C. (2014). Manajemen operasi perspektif Asia. Salemba Empat.

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta.

Yamit, Z. (2011). Manajemen produksi & operasi. Ekonisia.

Yulianah, Y. (2021). MENGEMBANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK PARIWISATA BERBASIS KOMUNITAS DI PEDESAAN. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 1-9.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v2i2.14377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats