DIGITALISASI (SISTEM ERP) DAN TRANSFORMASI PADA PERUSAHAAN RITEL: STUDI KASUS PADA PT. PIEL


Tuti Anggraeni(1*), Dodi Sukamayana(2), A. Maulana(3), Disman Disman(4)

(1) Universitas Winaya Mukti, Indonesia
(2) Universitas Winaya Mukti, Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi dan informasi kini menjadi faktor utama berkembangnya perusahaan, banyak perusahaan yang berhasil menjadi nomor satu dengan memanfaatkan teknologi dan informasi seperti Tokopedia dan Gojek. PT PIEL adalah perusahaan retail yang menjual barang-barang pekerjaan seperti sepatu dan souvenir khas Indonesia. Pangsa pasar utama PT PIEL adalah transaksi pariwisata, sehingga kebutuhan lahan menjadi kunci utama dalam bisnis ini. Perluasan lahan berdampak positif terhadap penjualan perusahaan, hal ini dibuktikan dengan peningkatan penjualan perusahaan yang mencapai nilai tertinggi dalam lima tahun terakhir setelah PT PIEL membeli lahan untuk kunjungan wisata. Permasalahan muncul karena keterbatasan sumber daya perusahaan, yang menyebabkan pengembangan sistem dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu dua tahun. Untuk mengidentifikasi permasalahan pada PT PIEL dilakukan analisis dengan menggunakan metode RCA (Root Cause Analysis). Temuan dari penelitian ini, digitalisasi (sistem ERP) dapat memungkinkan integrasi data keuangan, penjualan, dan logistik dengan mempermudah pencatatan semua transaksi dan memperbarui data dan informasi secara instan berdasarkan hasil transkrip transaksi.


Keywords


Digitalisasi (sistem ERP), Transformasi bisnis, Perusahaan Ritel.

Full Text:

PDF

References


Anwar, S. (2019). Revolusi industri 4.0 Islam dalam Merespon Tantangan Teknologi Digitalisasi. Jurnal Studi KeIslaman, 8(2), 16-28.

Bahas, M. P. R., & Yamit, Z. (2022). Manajemen Pengaruh Digitalisasi terhadap Praktik Organisasi dan Kinerja Operasi pada PT. IGP Internasional Yogyakarta: Pengaruh Digitalisasi terhadap Praktik Organisasi dan Kinerja Operasi pada PT. IGP Internasional Yogyakarta. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 1(3), 16-23.

Bukh, P. N., & Malmi, T. (2005). Re-examining the Cause-and-Effect Principle of the Balanced Scorecard. Accounting in Scandinavia–The Northern Lights, 87-113.

Cobbold, I., & Lawrie, G. J. G. (2002). Classification of Balanced Scorecards Based on Their Effectiveness as Strategic Control or Management Control Tools. Performance Measurement Association.

COM, M. (2015). The SWOT Analysis: A Key Tool for Developing Your Business Strategy. Management & Marketing. 50Minutes. com.

Deri, R. R., Srimurni, R. R., Nahwan, D., & Gadzali, S. S. (2022). Analisis dan Perancangan Sistem Digitalisasi Sales Executive Pada Perusahaan Distribusi PT XYZ. Teknologi Nusantara, 4(1).

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2004). Measuring the Strategic Readiness of Intangible Assets. Harvard Business Review, 82(2), 52-63.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2004). Strategy Maps: Converting Intangible Assets into Tangible Outcomes. Harvard Business Press.

Lestari, N. P. (2021). Meneropong Ekonomi Nasional 2021. Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik.

Magal, S. R., & Word, J. (2011). Integrated Business Processes with ERP systems. Wiley Publishing.

Marmol, D. T., Feys, B., & Probert, C. (2015). Pestle Analysis: Understand and Plan for Your Business Environment. Namur: Lemaitre Publishing. Accessed April, 28, 2017.

Medan, S. T. (2023). Digitalisasi Marketing Era Industri 4.0. Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Era Digitalisasi), 103.

Nwokoro, I., Okonkwo, O., Alo, U., & Nwatu, A. (2021). Object-Oriented Programming and Software Development Paradigm. Academia Letters.

Pratini, H. B., & Setiawan, I. (2022). Perencanaan Model Bisnis untuk Merdeka Ritel dengan Pendekatan Business Model Canvas. Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 13(2), 163-171.

Pujianto, A., Mulyati, A., & Novaria, R. (2018). Pemanfaatan Big Data dan Perlindungan Privasi Konsumen Di Era Ekonomi Digital. Majalah Ilmiah BIJAK, 15(2), 127-137.

Rizaldi, A. F., Saedudin, R. R., & Izzati, B. M. (2020). Perancangan Enterprise Architecture Yogya Group Pada Fungsi Sales dan Marketing Menggunakan Togaf Adm. eProceedings of Engineering, 7(2).

Rohimah, A. (2018). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91-100.

Setiawan, I. G. A. (2019). Strategi Bersaing Toko Ritel “Strategi Digitalisasi Rantai Pasokan Pamella Supermarket Yogyakarta”. NCAB.

Utami, Y. P. (2021). Pengaruh Rasio Keuangan, Arus Kas Operasi, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kondisi Financial Distress. SINTAKSIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 24-34.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2017). Strategic Management and Business Policy (Vol. 55). Boston: Pearson.

Wulansari, M., & Azlina, Y. (2022). Altman Z Score Sebagai Komunikasi Bisnis kepada Stakeholder dalam Memprediksi Kondisi Keuangan Perusahaan Industri Ritel yang Terdaftar Di BEI. YUME: Journal of Management, 5(3), 301-307.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.27299

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.27299.g9180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats