PENGEMBANGAN MODEL PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v3i2.11787Keywords:
Pengembangan Model, PerguruaTinggi Keagamaan Islam Negeri, Studi KebijakanAbstract
Penelitian ini membahas Pengembangan Model Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Dengan melewati pengembangan model aplikasi PMB di PTKIN ini dapat diperoleh input mahasiswa yang mampu berprestasi akademik tinggi. Untuk mengembangkan model tersebut, maka dideskrispsikan terlebih dahulu tentang kebijakan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia dan melakukan studi tentang penerimaan mahasiswa baru di dua PTKIN yaitu UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Di samping melakukan studi sistem penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi terkemuka di Asia Tenggara yaitu Asia e-University Malaysia. Berdasarkan hasil riset dan analisis teori, maka dibuatlah rancangan aplikasi penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri berbasis web atau teknologi informasi. Pendekatan jenis kualitatif, riset dan pengembangan (R & D) merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Guna untuk menghasilkan hasil yang berbentuk PMB di PTKIN. Model tersebut adalah model berbasis online atau web yang dikembangkan untuk kepentingan mutu akademik. Aplikasi penerimaan PMB menggunakan pendekatan yang bertujuan objek pada metode Unified Modeling Language (UML) untuk mendapatkan hasil pada penelitian ini. Perancangannya memuat system dengan menggunakan model dan dapat dinyatakan bagian dari fungsi yang tersedia dengan menggunakan Use Case diagram. Kemudian system yang digunakan actor dengan aturan aktifitas merupakan analisis Activity diagram. Adapun yang menggunakan tahap perencanaan kelas dari tahap analisis kelas yaitu Activity class diagram. Kemudian sequence diagram, arsitekstur jaringan, dan arsitekstur sistemReferences
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
Alviana, S., & Kurniawan, B. (2019). Analisis Data Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk Meningkatkan Potensi Pemasaran Universitas Menggunakan Business Intelligence (Studi Kasus Universitas XYZ). Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi Dan Elektronika, 4(1), 10–15.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Aziz, A. A., Nurfarida, R., Budiyanti, N., & Zakiah, Q. Y. (2020). Model Analisis Kebijakan Pendidikan. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 192–201.
Islami, N. (2018). Manajemen Teknis Akreditasi Institusi Unggul Bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Jurnal Tawadhu, 2(2), 588–610.
Jannah, E. N., Bayturrohman, D. K., & Kurniawan, E. (2017). Pengembangan Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Android Dilengkapi dengan Fitur Push Notification. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6(4), 410–415.
Madjid, A. B. D. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1991). Metodologi penelitian kualitatif. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Mubarok, F., Harliana, H., & Hadijah, I. (2015). Perbandingan Antara Metode RUP dan Prototype Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web. Creative Information Technology Journal, 2(2), 114–127.
Muslihudin, M., & Larasati, A. (2017). Perancangan sistem aplikasi penerimaan mahasiswa baru di stmik pringsewu menggunakan php dan mysql. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 32–39.
Muzhiat, A., & Kartanegara, M. (2020). INTEGRASI ILMU DAN AGAMA; STUDI ATAS PARADIGMA INTEGRASI, KOMPARASI, DIFUSI MENUJU PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN) YANG UNGGUL. Al Qalam, 37(1), 69–88.
Panitia Pelaksana, S. d.-P. (2017). Prosedur Operasional Baku Ujian Masuk Perguruan Keagamaan Islam Negeri. Panitia SPAN-UM PTKIN
.
Panitia Pelaksana Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN. (2015). Prosedur Operasional Standar Seleksi Penerimaan Mahasaiswa Baru PTKIN. SPAN.
Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SUSKA Riau. (2018). Undangan Mandiri. UIN SUSKA Riau. http://pmb.uin-suska.ac.id/site/menu/id/undanganmandiri
PTIPD UIN SGD. (2018). UIN SGD BANDUNG TERIMA KUNJUNGAN UIN JAKARTA TENTANG APLIKASI & SERVER CBT. UIN SGD. https://ptipd.uinsgd.ac.id/?p=160
Suharto, B. (2021). Moderasi Beragama; Dari Indonesia Untuk Dunia. LKIS PELANGI AKSARA.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Suryadi, A. (2018). Sistem Rekomendasi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Naive Bayes Classifier Di Institut Pendidikan Indonesia. Joutica, 3(2), 171–182.
Switri, E. (2019). Teknologi dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Ayra Luna.
Syahrum, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Tambunan, E. J. R., Hasibuan, A. F., Widyasari, A., Peristi, P., & Bangun, B. (2020). RANCANG SISTEM INFORMASI MAHASISWA BARU. Journal of Student Development Information Technology (JoSDIT), 1(1), 5–9.
Tyas, Y. P. (2019). Aplikasi Berbasis Android Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas PGRI Madiun. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK), 2(1), 125–127.
Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).
Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions.