INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK JURUSAN TBSM MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN GURU PAI


Tantan Heryadi Tantan(1*), Asep Nursobah(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebuah tantangan yang dihadapi oleh seorang pendidik untuk Menginternalisasikan suatu nilai terhadap peserta didik, upaya yang sudah dilakukan yaitu dengan melalui keteladanan dan pembiasaan guru Pendidikan Agama Islam (PAI), di antaranya dalam bentuk religius, jujur, disiplin, tanggungjawab, serta peduli, lingkungan. Namun masalah kurang menghayati atas nilai-nilai itu belum maksimal. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi; 1) tujuan, 2) program, 3) pelaksanaan, 4) evaluasi, serta 5) hasil, internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di sekolah pada peserta didik jurusan TENIK Bisnis Sepeda Motor (TBSM) melalui keteladanan dan pembiasaan guru PAI. Penelitian ini, menggunakan pendekatan studi kasus (case study) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif.  Hasil penelitian, ini ialah; 1) tujuan pendidikan karakter di SMK Al Falah Tanjungjaya, bahwa peserta didik harus memiliki karakter atau akhlak serta potensi yang baik dan membentuk peserta didik yang paripurna serta menjadikannya sebagai insan kamil 2) program pendidikan karakter di SMK Al Falah Tanjungjaya yakni dengan melalui program kegiatan keagamaan serta program kegiatan keindonesiaan dan keindustrian, 3) pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Al Falah Tanjungjaya ialah dengan melalui tiga tahapan, yakni dengan tahapan transformasi nilai, tahapan transaksi nilai, serta tahapan transinternalisasi, 4) evaluasi pendidikan karakter di SMK Al Falah Tanjungjaya dilakukan oleh musyawarah guru mata pelajaran PAI yang berkoordinasi dengan wakil kepala sekolah kurikulum dan kesiswaan serta kepala program studi melalui cara penilaian harian, mingguan, bulanan dan tahunan, 5) hasil pendidikan karakter, di SMK Al Falah Tanjungjaya dibuktikan dengan perolehan persentase rata-rata sebanyak 13% Peserta didik kadang-kadang, melakukan perbuatan nilai karakter, Sebanyak 33% peserta didik  sering melakukan perbuatan nilai  karakter, serta 54%, peserta didik menunjukkan perilaku baik, yang mengindikasikan pada nilai karakter.


Keywords


Internalisasi, Pendidikan Karakter, Keteladanan dan Pembiasaan Guru PAI

Full Text:

PDF

References


Anam, Khoirul, dan Sakiyati, I. D. (2019). Kantin Kejujuran Sebagai Upaya dalam Pembentukan Karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13, 1.

Ane, P. (2015). Membangun Kualitas Bagsa dengan Budaya Literasi. UNIB Scholar Repository.

Ashoumi, H., & Syarifah, P. (2018). Manajemen Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar: Strategi Sekolah Melalui Program 5S. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 103–116.

Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Rusdianto (ed.)). Diva Press.

Asyur, M. A.-T. ibn. (1990). Tafsir At-Tahrir wat-Tanwir. Dar al-Kutub al-Ilmiah.

Ayu, S. M. (2017). Evaluasi Program Praktek Pengamalan Ibadah Di Sekolah Dasar Ar-Raudah Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8.

Daryanto, S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Bintaro (ed.)). Gava Media.

Dwi, P. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Dwija Cendikia Jurnal Riset Pedagogik.

Fimansyah, W. (2021). Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Minangkabau Untuk Generasi Muda. Buddayah: Jurnal Pendidikan Antropologi, 2(2), 97–104.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus (Ruslan dan Moch. Mahfud Effendi (ed.)). Cv Jejak.

Fitria, N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Yusuf Qardhawi (Studi Komperatif Tentang Metode, Strategi dan Konten). UIN Sunan Kalijaga.

Lilis, R. (2018). Peran Pendidikan Berbasis Karakter dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran di Sekolah. Garuda Ristek Dikti, 8.

M. Quraish Shihab. (2000). Wawasan Al-Quran: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan.

Masnur, M. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Miswanto. (2014). Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Garuda Ristek Dikti, 4, 2.

Mufarriq, M. U. (2021). MEMBENTUK KARAKTER PEMUDA MELALUI PENCAK SILAT. Khazanah Pendidikan Islam, 3(1).

Muhaimin. (2011). Paradigma Pendidikan Islam (Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah). Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Y. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar & Implementasi (B. Nuraeni (ed.)). Prenadamedia Group.

Munif, M. (2017). Strategi internalisasi nilai-nilai pai dalam membentuk karakter siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–12.

Musdalifah. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran dan Guru. Garuda Ristek Dikti, 8.

Quraish Shihab, M. (2007). Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Lentera Hati.

Ramadhan, M. A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2013). Relevansi Kompetensi Lulusan SMK Khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan Dengan Kompetensi Yang Dibutuhkan di Dunia Kerja. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 1–10.

Ramdani, F. M., Hufad, A., & Supriadi, U. (2017). PROGRAM INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. SOSIETAS, 7(2).

Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137.

Sjaepoeddin, M. E. (2016). Internalisasi Nilai-nilai Shalat Berjamaah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Penelitian di SMP-SMA Darul Hikam Internasional). UIN Sunan Gunung Djati.

Sri, N. M. M. (2016). Model Evaluasi Pendidikan Karakter Yang Komprehensif. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF (SENARI) KE-4.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.

Sukitman, T. (2016). Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 85–96.

Syafri, I., Qotadah, H. A., & Achmad, A. D. (2020). Muhasabah Diri Sebagai Media Penanggulangan Perilaku Juvenile Delinquency. Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 126–138.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v3i2.11814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tantan Heryadi Tantan and Asep Nursobah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International