PENGARUH PARTISIPASI KOMITE DAN PENGALOKASIAN DANA TERHADAP PENINGKATAN MUTU PERPUSTAKAAN


Sabriana Oktaviana Gintulangi(1), I Kadek Satria Arsana(2*)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo, Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara partisipasi komite dan pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan di SMP N 1 Kabila Kab. Bone Bolango. Adapun fokus masalah  dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)  apakah ada pengaruh yang positif antara partisipasi komite dengan peningkatan mutu perpustakaan , (2) untuk mengetahui  apakah ada pengaruh yang  positif  antara pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan dan (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara partisipasi komite dan pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan di SMP N 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  kuantitatif dengan jumlah sampel 88 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 807 orang yang terdiri dari seluruh siswa Di SMP 1 Kabila. Sampel yang digunakan adalah random sampling dimana pengambilan sample dilakukan secara acak, tanpa memperhatikan strata atau tingkat dalam angota populasi.  Berdasarkan hasil analisis data nilai adalah -t hitung (-1,873) > -t tabel(-1,992) artinya parisipasi komite tidak berpengaruh pada peningkatan mutu perpustakaan. Kemudian pengalokasian dana t hitung (4,816) > t tabel (1,992) artinya pengalokasian dana berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu perpustakaan. Pengujian bersama-sama untuk variabel X1, X2 dan  Y f hitung > f tabel (12,754 > 3,10) artinya antara partisipasi komite dan pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan berpengaruh secara signifikan.

 


Keywords


Partisipasi Komite, Pengalokasian Dana, Mutu Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, H. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/wj9pa

Asyhab, K. S. (2010). Pengaruh Alokasi Anggran Pendidikan, Kualitas Guru Terhadap Tingkat Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah studi Empiris pada Propinsi Jawa Tengah. Universitas Gadjah Mada.

Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bumi Aksara.

Fitri, A. (2019). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) pada Smp Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 7(1).

Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.31538/ndh.v1i2.7

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280

Hidayat, I. (2020). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 52–67.

Irwiansyah, M. B. (2018). Hubungan tingkat kualitas pelayanan dengan tingkat minat baca di perpustakaan UMG pada mahasiswa. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 10(2), 105–116.

Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 2(2). https://doi.org/10.30984/jii.v2i2.541

Kaha, Y. L. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga Pada Sekolah Dasar Inpres Mewet Flores Timur Genap 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 64–71. https://doi.org/10.36312/jime.v5i1.658

Pratiwi, D., & Afriansyah, H. (2020). Administrasi Keuangan. https://doi.org/10.31219/osf.io/u2z6r

Rita, H. (2017). Peran Komite dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang (Studi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah). Conciencia, 17(1), 70–80. https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i1.1583

Rosinar, E. (2014). Kiat-Kiat Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah. Edulib, 4(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v4i1.1174

Saparwadi, L. (2016). Efektivitas metode pembelajaran drill dengan pendekatan peer teaching ditinjau dari minat dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39–46.

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).

Ulum, M. (2017). Strategi peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan pasca penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 69–91. https://doi.org/10.2317/jpis.v27i1.5122




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v3i2.11938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sabriana Oktaviana Gintulangi and I Kadek Satria Arsana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International