PENGARUH PARTISIPASI KOMITE DAN PENGALOKASIAN DANA TERHADAP PENINGKATAN MUTU PERPUSTAKAAN
DOI:
https://doi.org/10.15575/kp.v3i2.11938Keywords:
Partisipasi Komite, Pengalokasian Dana, Mutu PerpustakaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara partisipasi komite dan pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan di SMP N 1 Kabila Kab. Bone Bolango. Adapun fokus masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh yang positif antara partisipasi komite dengan peningkatan mutu perpustakaan , (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan dan (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara partisipasi komite dan pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan di SMP N 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 88 responden. Instrumen yang digunakan berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 807 orang yang terdiri dari seluruh siswa Di SMP 1 Kabila. Sampel yang digunakan adalah random sampling dimana pengambilan sample dilakukan secara acak, tanpa memperhatikan strata atau tingkat dalam angota populasi. Berdasarkan hasil analisis data nilai adalah -t hitung (-1,873) > -t tabel(-1,992) artinya parisipasi komite tidak berpengaruh pada peningkatan mutu perpustakaan. Kemudian pengalokasian dana t hitung (4,816) > t tabel (1,992) artinya pengalokasian dana berpengaruh positif terhadap peningkatan mutu perpustakaan. Pengujian bersama-sama untuk variabel X1, X2 dan Y f hitung > f tabel (12,754 > 3,10) artinya antara partisipasi komite dan pengalokasian dana terhadap peningkatan mutu perpustakaan berpengaruh secara signifikan.Â
References
Afriansyah, H. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/wj9pa
Asyhab, K. S. (2010). Pengaruh Alokasi Anggran Pendidikan, Kualitas Guru Terhadap Tingkat Kelulusan Pendidikan Dasar dan Menengah studi Empiris pada Propinsi Jawa Tengah. Universitas Gadjah Mada.
Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bumi Aksara.
Fitri, A. (2019). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) pada Smp Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 7(1).
Hakim, M. N. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.31538/ndh.v1i2.7
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280
Hidayat, I. (2020). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran PAI berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Sekolah Menengah Pertama. Khazanah Pendidikan Islam, 2(2), 52–67.
Irwiansyah, M. B. (2018). Hubungan tingkat kualitas pelayanan dengan tingkat minat baca di perpustakaan UMG pada mahasiswa. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 10(2), 105–116.
Ismail, F. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Solusi Peningkatan Kcalitas Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 2(2). https://doi.org/10.30984/jii.v2i2.541
Kaha, Y. L. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga Pada Sekolah Dasar Inpres Mewet Flores Timur Genap 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(1), 64–71. https://doi.org/10.36312/jime.v5i1.658
Pratiwi, D., & Afriansyah, H. (2020). Administrasi Keuangan. https://doi.org/10.31219/osf.io/u2z6r
Rita, H. (2017). Peran Komite dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang (Studi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah). Conciencia, 17(1), 70–80. https://doi.org/10.19109/conciencia.v17i1.1583
Rosinar, E. (2014). Kiat-Kiat Pemberdayaan Perpustakaan Sekolah. Edulib, 4(1). https://doi.org/10.17509/edulib.v4i1.1174
Saparwadi, L. (2016). Efektivitas metode pembelajaran drill dengan pendekatan peer teaching ditinjau dari minat dan prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39–46.
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).
Ulum, M. (2017). Strategi peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan pasca penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 69–91. https://doi.org/10.2317/jpis.v27i1.5122
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- Authors retain the copyright and full publishing rights without restrictions