PENGARUH PEMBACAAN RATIB AL-ATTAS TERHADAP PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19


Muhamad Akbar Komarudin(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tantangan yang dihadapi saat ini oleh peserta didik adalah ketentraman jiwa mereka untuk menjalani proses pembelajaran dengan efektif dan efisien. Teori ilmu jiwa daya menjabarkan bahwa manusia memiliki banyak daya untuk melakukan sesuatu. Salah satu daya tersebut adalah daya berpikir yang membutuhkan ketenangan jiwa. Oleh karena itu, peserta didik saat ini harus mampu mengontrol ketentraman jiwa mereka agar dapat berpikir dengan baik dan menjalani proses pembelajaran dengan baik. Salah satunya adalah dengan membaca ratib al attas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembacaan ratib al attas terhadap pembelajaran peserta didik di masa covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menguraikan berbagai pandangan dan teori dari studi kepustakaan (Library Research). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdapat pengatuh yang positif terhadap mental peserta didik untuk menjalani proses pembelajaran, sehingga pembinaan mental tersebut dapat menjaga dan merawat bahkan meningkatkan kualitas prose pembelajaran peserta didik di masa pandemi covid-19.


Keywords


Ratib Al Attas, Pembelajaran, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z. (2020). Ratib al Attas. NU Online.

Fatmawati, S. I. (2021). Pengajian Ratib al-Attas sebagai media dakwah: Studi deskriptif Ratib al-Attas di Majelis Dzikir Ibnu Hasyim pimpinan Habib Daud bin Hasyim al-Attas di kampung Serena Tonggoh Rt 3 Rw 2. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hanafy, S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1).

Hasan, A. bin. (2009). Terj. Al Qirthas. Darul Ulum.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Kholisoh, I. (2020). Pengaruh Tradisi Pembacaan Tiga Dzikir. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mohsin, M. A., Baharudin, M. H. A. M., Abdullah, N., Sawari, S. S. M.,

Napiah, O., Noor, S. S. M., & Jasmi, K. A. (2016). Ratib al-Attas Menurut Perspektif al-Quran dan Hadis. Sains Humanika, 8(3–2).

Mohsin, M. A., Baharudin, M. H. A. M., Napiah, O., & Noor, S. S. M. (2015). Prinsip, Adab Dan Amalan Ratib Al-Attas Dalam TarekatAlawi´ yah: Suatu Sorotan Ringkas. Sains Humanika, 5(3).

Putria, H., Hamdani, L., & Uswatun, A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid 19 pada Guru Sekolah Dasar. Basicedu, 4(4), 862.

Riyana. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. In Universitas Terbuka.

Sadirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Saepuddin, A. (2017). Keefektifan Dzikir dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa. In Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sayyi. (2016). Implikasi Pembiasaan Dzikir terhadap Motivasi Belajar Siswa. Konseling Indonesia, 3(1), 42.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 20(2).

Subandi. (2009). Psikologi Dzikir. Pustaka Belajar.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. PT. Remaja Rosdakarya.

Wulandani, T. B. (2021). Peran Guru Dalam Peningkatan Kualitas Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Di Madrasah Ibtidaiyah. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 75–86.

Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v3i3.13440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhamad Akbar Komarudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International