Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru


A.Eri Iman Suroya(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Keberhasilan SMK Bandung Timur dan SMK Bakti Nusantara 666 dalam usaha mencapai SMK unggulan ditunjang oleh visi-misi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola dan mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Kegiatan pembinaan guru dalam bentuk In-House Training dan workshop merupakan program aktualisasi pengembangan kompetensi pedagogik guru di SMK Bandung Timur dan SMK Bakti Nusantara 666, hal tersebut disebabkan lemahnya produktifitas dan efektifitas tenaga pendidik terhadap proses pebelajaran. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan, wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa; Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di SMK Bandung Timur  dan SMK Bakti Nusantara 666 secara teknis maupun proses pelaksanaannya memiliki ragam cara masing-masing, Perencanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru mencakup; a) Formulasi rumusan dan tujuan pengembangan, b) strategi/langkahlangkah pengembangan, c) formulasi program pengembangan, d) penentuan waktu dan tempat, e) rencana anggaran, Pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik adalah kegiatan In-House Training, dan Workshop pengembangan kurikulum KTSP, dilaksanakan oleh sekolah, Evaluasi pengembangan dilakukan dengan; Supervisi (kunjungan kelas), Kegiatan rapat sekolah, Monitoring guru (CCTV). 5) faktor penunjang mencakup Perubahan Kurikulum,Persaingan dunia pendidikan, Kebutuhan masyarakat, Alokasi dana subsidi, dan Kegiatan akreditasi sekolah. Faktor penghambat mencakup anggaran dana terbatas, fasilitas yang kurang, dan keterbatasan waktu

Keywords


Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pedagogik Guru, Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Ara Hidayat, I. M. (2010). Pengelolaan Pendidikam. Yogyakarta: Pustaka Educal. Buckley Philip dan Irawan. (2015). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). Daryanto, M. F. (2014). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. James H.McMillan, S. S. (2015). Research in Education A Conceptual Introduction. New York: Easton San Francisco. Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan. Bandung: IKAPI. Masaong, A. K. (2013). Supervisi Dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta. Muhibbin Syah dan Irawan. (2011). Pengembangan Action Plan Kepengawasan PAI. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah (DITPAIS) Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Subroto, S. (2010). Manajemen pendidikan di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Sukanto, M. (2011). Pengembangan Kompetensi Guru. Bandung: IKAPI. Terry, G. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 A.Eri Iman Suroya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International