Ekspektasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum: Studi Kasus Pengajaran Mata Kuliah Metode Penelitian Pada Program Studi Ilmu Hadis


Wahyudin Darmalaksana(1*)

(1) ( Scopus ID: 57200216635 ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan membahas ekspektasi pembelajaran berbasis kurikulum bagi pencapaian keunggulan pendidikan tinggi. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif melalui studi pustaka dan studi lapangan dengan studi kasus pada pengajaran mata kuliah Metode Penelitian di Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup evaluasi pembelajaran, capaian mata kuliah berbasis perencanaan pembelajaran, dan proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah kerja keras melampaui ekspektasi pembelajaran berbasis kurikulum yang terstandar menjadi urutan paling utama bagi pencapaian keunggulan pendidikan tinggi. Penelitian ini merekomendasikan urgensi penyusunan kurikulum dengan ekspektasi yang terukur dalam rangka mewujudkan keunggulan pendidikan tinggi di tingkat nasional menuju keunggulan di level internasional.


Keywords


Capaian pembelajaran, Evaluasi pembelajaran, Perencanaan pembelajaran, Proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z, Rumansyah & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 5, No. 1, 64-70.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10, No. 3, 282-289.

Dai, D. A. (2020). Online Home Study Plan for Postponed 2020 Spring Semester During the COVID-19 Epidemic: A Case Study of Tangquan Middle School in Nanjing, Jiangsu Province, China. Jiangsu, China.

Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid 19 terhadap implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 2, No. 1, 55-61.

Emiyati, A., & Harming. (2020). Kendala Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah Dalam Menghadapi Situasi Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya Vol 4,. No. 1 , 8-16.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Vol. 2, No. 2 , 81-89.

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The Covid Pandemic: Technology Use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing , 3-5.

Gunawan, d. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, Vol. 1, No. 2, 61-70.

Herliandry, L. D., & dkk. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 22, No. 1 , 65-70.

Hermansyah. (2020). Pembelajaran Daring atau Luring. Dalam G. Indonesia, Pembelajaran Daring Era Pandemi (hal. 49-54). Jombang: Delta Pustaka.

Indahri, Y. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi. Info Singkat: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Vo. 12, No. 12 , 13-18.

Jamaludin, D. (2020). Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.

Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, & Kemendagri. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

Najib, M. (2020, Agustus 2). Warga Sepakung. (M. Sa'dullah, Pewawancara)

Nugroho, W. M. (2020, Agustus 2). Guru. (M. Sa'dullah, Pewawancara)

Nuri, A. (2020, Agustus 2). Kepala Sekolah. (M. Sa'dullah, Pewawancara)

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, Vol. 4, No. 1 , 1-7.

Saleh, AM. (2020) Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya terhadap Proses Pembelajaran di Indonesia. https://osf.io/pg8ef/download. (Diakses hari Rabu, 14 Oktober 2020)

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.

Susanti, S. (2020). Covid-19 dan Dilema dalam Pembelajaran Daring. Dalam G. Indonesia, Pembelajaran Daring Era Pandemi (hal. 163-168). Jombang: Delta Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wahyudin Darmalaksana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International