Muhasabah Diri Sebagai Media Penanggulangan Perilaku Juvenile Delinquency


Iqbal Syafri(1*), Hudzaifah Achmad Qotadah(2), Adang Darmawan Achmad(3)

(1) Sunan Kalijaga State Islamic University Yogyakarta, Indonesia, Indonesia
(2) Academy of Islamic Studies, University of Malaya, Malaysia, Malaysia
(3) Muhammadiyah University of Cirebon, Indonesia, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Masa remaja adalah masa perubahan seseorang dari kanak-kanak menuju dewasa, dalam tahap ini seorang remaja akan diliputi rasa ingin tahu terhadap hal-hal yang baru. Ketika menghadapi hal tersebut, saat itulah seorang remaja diuji apakah dia akan melakukan hal yang baik atau malah akan terjerumus ke perbuatan-perbuatan yang akan merugikan dirinya, keluarganya bahkan merugikan orang lain. Karenanya, tanggung jawab terhadap kenakalan remaja itu salah satunya terletak dari sekolah sehingga sudah seyogyanya setiap sekolah memiliki langkah penyelesaian yang konkret salah satunya dengan menggunakan media muhasabah diri. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai lokasi penelitian. Adapun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan muhasabah  diri yang berupa client centered theraphy seperti muraqabah, muhasabah, mujahadah, dan mu’atabah telah menunjukkan hasil yang positif dalam menanggulangi kenakalan remaja (Juvenile Delinquency) di kelas X secara efektif. 


Keywords


Perilaku, Juvenile Delinquency, Muhasabah Diri, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Al-‘Ulyawi, Shalih. (2007). Muhasabah An Nafs. Riyadh: Maktab Dakwah dan Bimbingan Jaliyat Rabwah.

Anwar, Dedik Fatkul. (2017). Wawancara Wakil Direktur Madrasah di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta pada pukul 10.00 WIB – 11.00 WIB, 17 Mei.

Ardiyantara. (2017). Wawancara siswa kelas X IPS 2 di asrama pada pukul 20.15-21.00 WIB, 27 Mei.

Arifin, M. (2006). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: PT Golden Terayon Press.

Asyhari, Muh. (2013). Program Musyrif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Azhar, Muhammad. (2014). Dahsyatnya Energi Syukur, Istighfar. Muhasabah, Solo: As-Salam Publishing.

Bachrun, Saifuddin. (2011). Manajemen Muhasabah Diri. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Basewed, Anies Fahmi. (2017). Wawancara Guru BK siswa kelas X Aliyah di asrama pada pukul 09.00-10.00 WIB, 25 Mei.

Daradjat. Zakiah. (2007). Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Karzon, Anas Ahmad. (2012). Tazkiyatun Nafs (Gelombang Energi Penyucian Jiwa Menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah di atas Manhaj Salafus Shalih). (Jakarta Timur: Akbar Media.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2011).

Mubārakfūrī, Muḥammad ʻAbd al-Raḥmān ibn ʻAbd al-Raḥīm. (1963). Tuḥfat al-aḥwadhī bi-sharḥ Jāmiʻ al-Tirmidhī. Beirut: Maṭbaʻat al-Madanī.

Mumtaz, Zulfan. (2017). Wawancara siswa kelas X IPS 2 di asrama pada pukul 20.00-21.00 WIB, 24 Mei.

Munawwir, Ahmad Warson. (1997). Kamus Al-Munawwir Bahasa Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progresif.

Noor, Ahmad Syauqi. (2014). , Strategi Musyrif (Pendamping Asrama) dalam Meningkatkan Perilaku Ibadah Siswa di Asrama Umar Bin Khattab Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Oktavianto, Sidiq. (2017). Wawancara musyrif kelas X IPS 2 di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta pada pukul 18.00-19.00 WIB, 27 Mei.

Rifa’i, Aan Fauzan. (2009). Kenakalan Remaja di Kalangan Santri Putera di Asrama Diponegoro Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Sudarsono. (2004). Kenakalan Remaja: Prevensi, Rehabilitasi, dan Resosialisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suye, Lauzafia M. Naila. (2017) Wawancara siswa kelas X IPS 2 di asrama pada pukul 20.00




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.9983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hudzaifah Achmad Qotadah, Iqbal Syafri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International