PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN IT PADA MASA COVID 19 BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT


Ahmad Khoiron Minan(1*), Eka Nur Afifah(2)

(1) Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam , UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia
(2) Prodi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memaparkan tetaang pengembangan konten pembelajaran IT berbasis Total quality management yang dilakukan di SD Teladan Yogyakarta. Pada masa Covid 19 lembaga pendidikan dituntut untuk mampu memaksimalkan proses pembelajaran IT, dengan tujuan materi dapat tersampaikan dengan baik, akan tetapi pada kenyataannya banyak lembaga pendidikan yang tidak mampu dalam memaksimalkan teknologi IT dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya pendekatan yang baik dalam proses perencanaan pembelajaran IT, salah satunya adalah dengan Total Quality Management Penelitian ini menggunakan pendektakan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menujukan bahwa SD Teladan Yogyakarta melakukan beberapa tahapan dalam pengembangan konten pembelajaran IT yang berbaisis Total quality management, tahpan tersebut antara lain, penentuan standar (input), hasil monitoring dan perbandingan dengan standar (proses), perbaikan penyipangan (output) dan usulan standar baru (outcome).


Keywords


Total quality management, Pembelajaran IT, Konten Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Antariksa, W. F. (2017). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Madrasah, 10(1), 47. https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i1.5096

Asmawi, M. N. (2018). Kebijakan Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi Pasar Bebas dan Revolusi Industri 4.0. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(2), 101–109.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hartini, K. (2015). Penerapan Total Quality Manajement (TQM) dalam Perguruan Tinggi. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1). https://doi.org/10.29300/AIJ.V1I1.766

Hazra, R., Irwansyah, M. R., & Ikhtiarini, N. (2016). Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Kualitas Output Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri Seririt Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2).

https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i2.12791

Indana, N. (2017). Implementasi Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng). Al-Idarah, 1(1), 62–86.

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & ... (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dampak dari Covid-19. Diskusi Panel Nasional …, 58, 215–220.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Hidayatillah, W. (2020). Persepsi Guru dan Siswa Tentang Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(2), 109–122.

Maghfiroh, L. (2018). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Yogyakarta. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 19–39. https://doi.org/10.29062/TA’LIM.V1I1.623

Maryamah. (2013). Total Quality Management (TQM) dalam Konteks Pendidikan. Ta’dib, 18(1), 8–12. https://doi.org/10.5958/2348-7534.2014.01294.x

Nugraha, D., & Winiarti, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia. Jurnal Informatika, 2(1), 738–748. https://doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2604

Nuryatin, S. (2020). Adaptasi Metode Pembelajaran Melalui E-Learnig Untuk Menghadapi Era New Normal. Akrab Juara, 5(1), 43–54.

Pettalongi, S. S. (2010). Konsep Total Quality Management dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Hunafa, 7(1), 37–36.

Rahmah, U. (2018). The Implementasi Total Quality Management (TQM) di SD Al-Hikmah Surabaya. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–131. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.31-06

Sallis, E. (2010). Total Quality Management in Education (Fahrurrozi & A. A. Riyadi (eds.)). IRCiSoD.

Septiadi, W. (2019). Tinjauan Total Quality Management (TQM) Pada Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.105

Sugiyono. (2014). Cara Mudah Menyusun, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Alfabeta.

Sulistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. 1(1), 33–43.

Wiyani, N. A., Najib, M., & Sholichin, S. (2016). Penerapan TQM dalam Pendidikan Akhlaq. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 221. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.545




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v3i1.9984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Khoiron Minan and Eka Nur Afifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International