Penentuan Solusi Numerik Pada Model Mangsa-Pemangsa Dengan Pemanenan Pada Mangsa Menggunakan Metode Runge-Kutta-Fehlberg

Nurul Asyifa Solihatin

Abstract


Model mangsa pemangsa dengan pemanenan pada mangsa merupakan pembaruan dari model mangsa pemangsa Lotka-Volterra, dimana pada model ini terdapat parameter pemanenan sebagai pengontrol populasi. Penyelesaian model mangsa pemangsa secara analitik dapat digunakan untuk memprediksi jumlah populasi pada saat yang diinginkan, namun tidak dapat memprediksi secara rinci  jumlah populasi yang ada pada setiap pemantauan. Oleh karena itu metode numerik digunakan sebagai alternatif dalam penyelesaian masalah model mangsa pemangsa dengan pemanenan pada mangsa. Metode Runge-Kutta-Fehlberg digunakan penulis untuk menyelesaikan model mangsa pemangsa dengan pemanenan pada mangsa. Metode ini merupakan alternatif dari metode Taylor karena tidak memerlukan perhitungan turunan serta memiliki ketelitian yang tinggi. Hasil yang diperoleh pada studi kasus penelitian ini yaitu memiliki galat yang cukup kecil yaitu 0,0019404-0,027213 sehingga metode Runge-Kutta-Fehlberg merupakan metode yang teliti.

 


Keywords


Sistem Persamaan Diferensial, Model Matematika, Model Mangsa Pemangsa, Fungsi Respon, Metode Runge-Kutta-Fehlberg.

References


“Wikipedia,” [Online]. Available: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ekologi. [Diakses 25 Januari 2019].

A. M. M. A. A. K. Belkhodja, “Optimal Harvesting and Stability for a Prey-Predator Model,” Elsevier, pp. 321-336, 2018.

S. P. M. P. B. Susmita Paul, “Num erical solution of Lotka Volterra prey predator model by using Runge-Kutta-Fehlberg method and Laplace Adomian decomposition method,” Elsevier, vol. 55, pp. 613-617, 2016.




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v4i2.6334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lihat Statistik Jurnal Obsesi View MyStat