Penentuan Rute Transportasi untuk Meminimalkan Biaya Menggunakan Metode Nearest Neighbor dan Nearest Insert (Studi Kasus dalam Pendistribusian Sandal di Tasikmalaya)

Authors

  • Mutia Rohmah Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elis Ratna Wulan UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, INDONESIA
  • Fadilah Ilahi UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.15575/kubik.v4i2.6555

Keywords:

Rute, Jarak, Saving Matrix, Nearest Neighbour, Nearest Insert, Vehicle Routing Problem

Abstract

Vehicle Routing Problem (VRP) merupakan penentuan sebuah set rute yang dilakukan oleh sebuah kendaraan dimulai perjalanan dari depot untuk memenuhi permintaan konsumen. Salah satu jenis dari VRP adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) yaitu VRP yang memiliki batasan kapasitas kendaraan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah menentukan rute distribusi sandal di Tasikmalaya dengan menyelesaikannya menggunakan metode Saving Matrix untuk menentukan penjadwalan rute  kendaraan sesuai dengan kapasitas kendaraan berdasarkan penghematan terbesar dan menggunakan metode Nearest Neighbour dan metode Nearest Insert dalam menentukan urutan lokasi. Serta mengetahui penyelesaian CVRP yang paling efektif dari metode tersebut.Metode Nearest Neighbour mempertimbangkan jarak yang terdekat sedangkan metode Nearest Insert penentuan lokasi penyisipan. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dalam menyelesaikan CVRP menggunakan metode Nearest Neighbour diperoleh total jarak tempuh yaitu 1.379,9 kmdan dengan metode Nearest Insert diperoleh total jarak tempuh 1.376,3 km. Sedangkan total jarak tempuh perusahaan saat ini yaitu 2.639,1 km. hal ini menunjukkan bahwa metode Nearest Insertlebih efektif dalam menentukan rute distribusi sandal di Tasikmalaya.

References

Erlina, Mengoptimalkan Biaya Transportasi Untuk Penentuan Jalur Distribusi, Jurnal Penelitian Ilmu Teknik, 9(2), 143 – 150, 2009.

S. Irnich, P. Toth, D. Vigo, The Vehicle Routing Problem,Philadelpia : Siam, 2002.

G.W. Churchman, R. L. Arkoff, E. L. Arnoff, Operation Research, Washington University St.Louis. Philadelphia:1950.

A. Meflinda, Mahyarni, Operations Research (Riset Operasi), Badan Penerbit Universitas Riau: Unri Press, Juli 2011.

P.Subagyo, M. Asri, T.H. Handoko,Dasar-Dasar Operation Research,Edisi 2,Yogyakarta:1983.

J. J. Siang, Riset Operasi dalam Pendekatan Algoritma, Edisi 2.Yogyakarta : CV.ANDI OFFSET, 2014.

F.S.Hillier, G.J.Lieberman, Introduction To Operations Research, 8 th Edition. Yogyakarta: Andi,2008.

Kusrini, J. E. Istiyanto,Penyelesaian Travelling Salesman Problem Dengan Metode Cheapest Insertion Heuristic Dan Basis Data. Jurnal Informatika, Vol 8. No 2, November 2007 : 109-114.

M. Rinaldi, Strategi algoritmik, Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2005.

V.J. Sudhakar, V. N. Kumar, A New Approach to Solve the Classical Symmetric Travelling Salesman Problem by Zero Suffix Method, Int. J. Contemph. Math. Sciences, vol. 6, 2011, no. 23, 1111-1120.

A. W. Widodo, W. F. Mahmudy,Jurnal Penerapan Algoritma Genetika pada Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner, FMIPA, Universitas Brawijaya. Vol 5. No 4, Juli 2010, pp 0216-0544.

C. Abadi, S. Susanty,H. Adianto,Penentuan Rute Kendaraan Distribusi Produk Roti Menggunakan Metode Nearest Neighbour dan Metode Sequential Insertion. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol. 01, No. 04. Januari 2014.

D. Sudrajat, PengoptimalanMasalah Pemrograman Linier dengan Menggunakan Metode Criss-Cross, Studi Literatur, UIN, Bandung, 2015.

R. Nababan, Enumerasi Parsial untuk Masalah Optimisasi Kombinatorial, Tesis, USU, Medan,2008.

D. Tarigan, Pemodelan Vehicle Routing Problem Terbuka Dengan Keterbatasan Waktu, Tesis, USU, Medan 2008.

D. T. Salaki, Penyelesaian Vehicle Routing Problem Menggunakan Beberapa Metode Heuristik Konstruktif, Tesis, Bogor 2009.

O. Braysy, M. Gendreau, Vehicle Routing Problem with Time Windows.Part I: Route Construction and Local Search Algorithms, Transportation Science, Vol. 39, No.1: 104-118. February 2005.

Istaningrum, Penentuan Rute Pengiriman dan Penjadwalan dengan Menggunakan Metode Saving Matrix Study Kasus Pada PT. Sukanda Djaya Yogyakarta, Yogyakarta: Program Studi Teknik industri UIN Sunan Kalijaga,2010.

H. Sarjono, Determination of Best Route to Minimize Transpotation Costs Using Nearest Neighbor Procedure, Applied Mathematical Science, Vol. 8, 2014, no. 62, 3063-3074.

I. Sutoyo, Penerapan Algoritma Nearest Neighbour untuk Menyelesaikan Travelling Salesman Problem. Paradigma, Vol. XX, No. 1, Maret 2018.

M. Sari , A. Dhoruri, Eminugroho, Solving Capacited Vehicle Routing Problem Using Saving Matrix, Sequential Insertion and Nearest Neighbour In Victoria RO, JurnalMatematikaKarangmalang Yogyakarta 55281.

P. C. Pop, C. P. Sitar, I. Zeline, Heuristic Algorithms For Solving The Generalized Vehicle Routing Problem. International Journal Of Computers Communications & Control, Vol. VI (2011), No.1, 158-165.

Pujawan, Mahendrawathi, Supply Chain Mangement(2nd ed.), Surabaya: Guna Widya 2010.

A. H. Raihan, I. Firmansyah, Analisis Metode Heuristik Pengolahan Data Travelling Salesman Problem Terhadap Jumlah Titik, Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pasundan.

Kang HK, Byung KL, Yoon HL, A heuristic for the Vehicle Routing Problem with due times. Computers and Industrial Engineering 54:421-431, 2008.

Published

2020-04-30