Penerapan Metode Branch and Bound dalam Optimalisasi Produk Mebel (Studi kasus: Toko Mebel di Jalan Marsan, Panam)


Elfira Safitri(1*), Sri Basriati(2), Hasyratul Najmi(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
(2) UIN Sultan Syarif Kasim, Indonesia
(3) UIN Sultan Syarif Kasim, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap pelaku usaha atau pelaku ekonomi pasti melakukan prinsip ekonomi yaitu dengan usaha atau modal yang sedikit mampu menghasilkan keuntungan yang banyak, sehingga menyebabkan munculnya masalah optimasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Branch and Bound. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi produk mebel yang berada di jalan Marsan Panam  menggunakan metode Branch  and Bound. . Solusi  awal didapat   menggunakan metode simpleks. Apabila hasilnya bernilai non integer maka dilanjutkan dengan  metode Branch and Bound untuk mendapatkan solusi yang integer.  Berdasarkan hasil penelitian  diperoleh bahwa untuk mengoptimalkan produk mebel dengan keuntungan maksimal, maka toko mebel di Jalan Marsan,  Panam menerima pesanan produk mebel tempat tidur sebanyak 4 unit, lemari tiga pintu sebanyak 4 unit, lemari dua pintu sebanyak 2 unit dan meja makan sebanyak 3 unit dengan keuntungan produksi sebesar Rp. 14.250.000.

Kata kunci: Branch and bound, integer, metode simpleks, optimalisasi      


References


Aritonang, D.R.S. “ Analisis Metode Branch and Bound dalam Mengoptimalkan Jumlah Produksi Roti”. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. 2013.

Dimyati, Tjutju dan Dimyati A. “Operation Research: Model-Model Pengambilan Keputusan”. Sinar Baru Bandung: Bandung. 2006.

Hartono, Widi. “Implementasi Algoritma Branch and Bound pada 0-1 Knapsack

Hikmah dan Nusyafitri, Amin. “Aplikasi Integer Programming untuk Meminimumkan Biaya Produksi pada Siaputo Aluminium”. Jurnal Saintifik. Vol. 3, No. 2. 2017.

Nurjannah. “Metode Branch and Bound untuk Meminimalkan Biaya Bahan Baku”. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 2018.

Pagiling, Sahari, dan Rais.“Optimalisasi Hasil Produksi Tahu dan Tempe Menggunakan Metode Branch and Bound”.Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan. Vol. 12, No.1 hal.53-63, 2015.

Sauddin, Adnan, Kiki sumarni. “Integer Programming dengan Pendekatan Metode Branch and Cut Guna mengoptimalkan Jumlah Produk dengan Keuntungan Maksimal”. Jurnal MSA. Vol. 3 No. 1, 2015.

Septinauli, Dewi. “Aplikasi Metode Branch and Bound dan Cutting Plane untuk Mengoptimalkan Keuntungan Produksi Keripik Ubi pada UD. Rezeki Baru. Skripsi. Sarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara. 2019.

Siswanto, “Operation Research”. Jilid 1, Erlangga, Jakarta. 2007.

Sitorus, Parlin. “Program Linier”. Universitas Trisakti, Jakarta. 1997.

Suryawan, Ni ketut taritastrawati, dan Kartika sari. “Penerapan Branch and Bound dalam Optimalisasi Produksi Roti”. Jurnal Matematika . Vol. 4, hal. 148-155, 2016.

Taha, H.A. “Riset Operasi (Edisi Revisi)”. Jakarta, Indonesia. 1996.




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v5i1.8611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Elfira Safitri, Sri Basriati, Hasyratul Najmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.