Analisis Kestabilan Sistem Linear Time Invariant (Studi Kasus Gerak Longitudinal Pesawat Terbang BWB AC 20.30)


Muhammad Wakhid Musthofa(1*), Maulida Agustin(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga, Indonesia
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Stabilitas adalah hal terpenting dalam dunia penerbangan. Salah satu gerak pesawat yang memerlukan kestabilan adalah gerak longitudinal pesawat terbang. Gerak ini merupakan gerak dalam arah vertikal dengan gaya yang bekerja di bagian sumbu roll X dan yaw Z sebagai penyebabnya. Pada artikel ini akan dipaparkan model matematika dalam sistem linear time invariant (LTI) dan analisis kestabilan dari sistem gerak longitudinal pesawat terbang BWB AC 20.30 sebagai pesawat terbang tanpa awak. Analisis kestabilan sistem tersebut menggunakan lima macam metode, yaitu metode nilai eigen, Routh-Hurwitz, Lyapunov, linearisasi dan metode input-output. Selanjutnya, guna memberikan gambaran kestabilan secara geometri akan dilakukan simulasi dengan menggunakan MATLAB R2013a.

Keywords


gerak longitudinal, kestabilan pesawat terbang BWB AC.20.30, sistem LTI

Full Text:

PDF

References


Anton, H. (1987). Aljabar Linear Elementer. Edisi ke 5. Diterjemahkan oleh: Pantur Silaban dan I Nyoman Susila. Jakarta: Erlangga.

Astolfi, A. (2006). System and Control Theory, An Introduction. Department of Imperial College London.

Neubacher, C. 2008. Flight Dynamics Investigation of Blended Wing Body Aircraft 20.30. Hamburg University Applied Sciences.

Heij, C., Ran, A. dan van Schagen, F. (2007). Introduction to Matematical System Teory Linear System, Identification and Control. Jerman: Brikhäuser Verlag.

Laksono, H. D. (2014). Sistem Kendali. Yogyakarta: Graha Ilmu.

McLean, D. (1990). Automatic Flight Control System. UK: Prentice Hall Inc.

Musthofa, M. W. (2015). Pengantar Teori Sistem dan Kendali. Yogyakarta: Jurusan Matematika, Fakultas SAINTEK-UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Olsder, G. J. dan van der. Woude, J. W. (2004). Mathematical System Theory: Third Intermediate edition. Delf: VVSD.

Polderman, J. W., dan Willems, J. C. (1997). Introduction to Mathematical Theory of System and Control. Berlin: Spinger-Verlag.

Raharjo, P. (2010). Gerak Dasar Pesawat Terbang.https://panggih15.wordpress.com.

Wiggins, S. (2000). Introduction to Applied Nonlinear Dynamical System and Chaos (Second Edition). New York: Springer-Verlag.

Zerz, E. (2005). Introduction to System and Control Theory. Technische Universität Kaiserslautern




DOI: https://doi.org/10.15575/kubik.v5i2.9336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Wakhid Musthofa, Maulida Agustin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Journal KUBIK: Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika has indexed by:

SINTA DOAJ Dimensions Google Scholar Garuda Moraref DOI Crossref

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.