Manajemen Stres Kerja dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Karyawan


Sintani Naharini(1*), Arif Rahman(2), Ali Azis(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa aktivitas manajerial dalam mengelola stres kerja yang dialami oleh karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto bidang pelayanan ibadah Haji dan Umrah. Metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa karyawan mengalami stres kerja dengan beragam faktor yang memicunya seperti masalah keuangan, keluarga, beban kerja yang tidak seimbang. Program manajemen stres kerja dibuat untuk membantu karyawan mengelola stres dengan relaksasi, menciptakan iklim organisasi yang baik, membangun hubungan dan komunikasi yang sehat antara pimpinan dan karyawan, meningkatkan spiritualitas diri.


Keywords


Stres Kerja; Manajemen Stres Kerja; Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


A.S., Munandar. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press.

Anoraga, Pandji. (2001). Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asih, Yuli; Hardani Widhiastuti; Rusmalia Dewi. (2018). Stres Kerja. Semarang: Semarang University Press.

Beehr, T.A. (2015). Psychological Stress In The Workplace. London: Routledge.

Cooper, C. (2002). Successful Stress Management In a Week. Jakarta: Kesaint Blanc.

In The Know. (2014). A Professional Growth Module: Stress Management Skills.

Munir, W. (2009). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mustofa, A.K., Muhyiddin, A. & Nase. (2017). Manajemen Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Fungsi, Jurnal Manajemen Dakwah. 2 (1), 1-17.

Neely, A., Adams C., & Crowe, P. (2001). The Performance Prism In Practice. Measuring Business Excellent, 5 (2), 6-12.

Purnawati, S. (2014). Program Manajemen Stres Kerja di Perusahaan: Sebuah Petunjuk untuk Menerapkannya. Jurnal Psikologi. 22 (1), 36-44.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sabari. (2017). Manajemen Media Massa Hizbut Tahrir Indonesia, Jurnal Ilmu Komunikasi. 11 (1), 73-88.

Sukoco, Iwan., Mohammad R.B. (2017). Analisis Manajemen Stres Pada Perusahaan PERS. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan. 2 (3), 266-267.

Suprihanto dkk. (2003). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: STIE YKPN.

Wahyudi, Digit E., Arif Rahman & Herman. (2020). Peran Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Dakwah. 5 (4), 306-307.

Yusica, Tena N., Syamsuddin RS & Irfan Sanusi. (2017). Aktivitas Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Dalam Pengelolaan Pelayanan Ibadah Haji. Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah. 17 (2), 113-126.





DOI: https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 


Editorial Office:
S1 Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276