Implementasi Manajemen Layanan Haji Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26451Keywords:
Implementasi, Manajemen, Haji, Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam pelayanan calon jemaah haji di masa pandemi Covid-19 berdasarkan pada teori empat fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry. Penelitiaan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen layanan haji di masa pandemi Covid-19 dilihat dari perencanaan terdapat lima program pelayanan untuk calon jemaah haji, pengorganisasian pelayanan dilaksanakan oleh staf-staf yang terbagi menjadi lima bidang berdasarkan keahlian dan kemampuan, pelaksanaan program pelayanan dijalankan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, staf dibagi menjadi dua tim, dan pelayanan diberikan dalam bentuk pelayanan lisan, tulisan, serta perbuatan dan pada proses pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung yang diawasi oleh kepala seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.
References
Adyabatara, A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo
Daryanto & Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta: Gava Media.
Hasibuan, D. M. (2004). MANAJEMEN: Dasar Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
J. Panglaykim, H. T. (1991). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Munir, M., & Ilaihi, W. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.
Ratmito, & Winarsih, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sa’id Agil Husein Al-Munawwar, A. H. (2003). Fiqih Haji Menuntun Jemaah Mencapai Haji Mabrur. Ciputat Press.
Shandria, R. A. (2019). Implementasi Manajemen Perencanaan dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Haji dan Umrah. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
Sugiyono. (2016). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Suhaini, H., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2017). Strategi KBIH At-Taqwa dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Calon Jemaah Haji dalam Ilmu Dakwah, 86-102.
Sukayat. T. (2016). Manajemen Haji, Umrah dan Wisata Agama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A.I. (2009). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dalam Ilmu Dakwah, 1(2), 190-206.
Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, H. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wayong, M. (2003). Manajemen Kontemporer Sebuah Pendekatan Global. Makassar: Alauddin University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish articles in Mabrur: Journal of Hajj and Umra agree to the following terms:
- Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



