Implementasi Manajemen Layanan Haji Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nakhila Hunafa Al Qudsy UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Yusuf Zaenal Abidin UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
  • Asep Iwan Setiawan UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26451

Keywords:

Implementasi, Manajemen, Haji, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam pelayanan calon jemaah haji di masa pandemi Covid-19 berdasarkan pada teori empat fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George R Terry. Penelitiaan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen layanan haji di masa pandemi Covid-19 dilihat dari perencanaan terdapat lima program pelayanan untuk calon jemaah haji, pengorganisasian pelayanan dilaksanakan oleh staf-staf yang terbagi menjadi lima bidang berdasarkan keahlian dan kemampuan, pelaksanaan program pelayanan dijalankan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, staf dibagi menjadi dua tim, dan pelayanan diberikan dalam bentuk pelayanan lisan, tulisan, serta perbuatan dan pada proses pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung yang diawasi oleh kepala seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

References

Adyabatara, A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Daryanto & Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta: Gava Media.

Hasibuan, D. M. (2004). MANAJEMEN: Dasar Pengertian Dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. (2014). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

J. Panglaykim, H. T. (1991). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Munir, M., & Ilaihi, W. (2015). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Ratmito, & Winarsih, A. S. (2010). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sa’id Agil Husein Al-Munawwar, A. H. (2003). Fiqih Haji Menuntun Jemaah Mencapai Haji Mabrur. Ciputat Press.

Shandria, R. A. (2019). Implementasi Manajemen Perencanaan dalam Meningkatkan Pelayanan Ibadah Haji dan Umrah. Skripsi, Jurusan Manajemen Dakwah, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Sugiyono. (2016). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Suhaini, H., Sarbini, A., & Setiawan, A. I. (2017). Strategi KBIH At-Taqwa dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Calon Jemaah Haji dalam Ilmu Dakwah, 86-102.

Sukayat. T. (2016). Manajemen Haji, Umrah dan Wisata Agama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Susilawati, I., Sarbini, A., & Setiawan, A.I. (2009). Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pelayanan Bimbingan Manasik Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dalam Ilmu Dakwah, 1(2), 190-206.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Umar, H. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wayong, M. (2003). Manajemen Kontemporer Sebuah Pendekatan Global. Makassar: Alauddin University Press.


Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Al Qudsy, N. H., Abidin, Y. Z., & Setiawan, A. I. (2023). Implementasi Manajemen Layanan Haji Di Masa Pandemi Covid-19. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 1(2), 155–174. https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i2.26451

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.