Impression Management Citra Tissa Biani Sebagai Selebgram Di Media Sosial Instagram

Authors

  • Mirha Fitriani Sunan Gunung Djati Islamic University, Indonesia
  • Zaenal Mukarom UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dyah Rahmi Astuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v8i4.39532

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi dari impression management yang dilakukan Tissa Biani melalui akun media sosial instagramnya, berdasarkan pada 4 aspek yaitu ingratiation, self promotion, exemplification dan supplication dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah impression management theory yang dikemukakan oleh Jones dan Pittman. Peneliti melakukan observasi pada akun instagram Tissa Biani berdasarkan pada unggahan foto dan video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tissa Biani menggunakan 4 strategi dalam impression management yang dilakukan melalui instagram yaitu ingratiation, self promotion, exemplification dan supplication yang indikatornya merupakan menampilkan kesan positif. Strategi tersebut secara terus menerus dilakukan Tissa Biani sebagai penunjang citra dan karirnya melalui akun media sosial instagram. Kata Kunci : Impression Management; Selebgram; Instagram

References

Abshor, M. U.(2022). Sosiologi Hukum. Semarang: Penerbit Lawwana.

Afriluyanto, T. R. (2018). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 184–197. https://doi.org/10.24090/ komunika.v11i2.1365.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Alissananda, F., & Suherman, M. (2022, January). Impression Management Selebgram di Media Sosial Instagram. In Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 2, No. 1, pp. 447-453).

Arindita, R. (2019). Personal Branding Mom-Influencer dan Representasi Ibu Millenial di Media Sosial. Jurnal Wacana, Vol. 18, No. 1.

Arofah, I., & Tandyonomanu, D. (2020). Impression Manangement Beauty Influencer Di Media Sosial Instagram. Commercium, 2(2).

Atmoko. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Boyer, L., Brunner, B.R., Charles, T., & Coleman, P. 2006. Managing Impessions in a virtual environment: Is ethnic diversity a self-presentation strategy for colleges and universities?. Journal of Computer-Mediated Communication, 12(1): 1-15.

Choi, S.M & N.J Rifon. 2007. Who is the Celebrity in Advertising? Understanding Dimensions of Celebrity Image. The Journal of Popoular Culture . Journal Coumplication. Vol. 40 (2).

Evans, D. (2010). Social media marketing: The next generation of business engagement. John Wiley & Sons.

Fitriadi, I. (2011). Citra Diri Pengamen (Studi Deskriptif Kualitatif Pencitraan Diri Warga Miskin Dukuh Kalisari, Desa Bayudono, Kecamatan Bayudono, Kabupaten Boyolali). (Skripsi). Fakultas ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta, h. 30.

Flew, T. (2002). New Media : An Introduction. New York : Oxford University Press.

Friedman, H. H., & Friedman, L. (1979). Endorser effectiveness by product type. Journal of Advertising Research, 19(5), 63-71.

Goffman, Erving. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. United States: Anchor Books.

Jeffkins, F. (2003). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Jones, E. E., & Pittman, T. S. (1982). Psychological Perspectives on the Self. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Komariah, A., Satori, D. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kriyantono, R. (2017). Teori-Teori Public Relation Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: KENCANA.

Maleong J, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Maleong J, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

MAYUN, A. A. A. S. P. (2023). MANAJEMEN IMPRESI 2 SELEBGRAM PEREMPUAN PEGIAT KESEHATAN MENTAL MELALUI INSTAGRAM (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta : Salemba Humanika

Montoya, Peter. (2002). The Personal branding Phenomenon. Nashville: Vaughan Printing.

Mulyana, D. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

--------------. 2003. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nasrullah. (2016). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nawawi, H. & Martini, M. 1994. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Universitas Gajahmada.

Nurani, D. A., Yanti, M., & Musdalifah, F. S. (2022). Impression Management Selebgram Universitas Sriwijaya Di Media Sosial Instagram (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University).

Ramadhani, N. (2022). Penerapan Personal Branding Syifa Adinda Negara Sebagai K-pop Influencer di Instagram. (Skrpsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/53874.

Romli, F. I. J. (2023) Pengelolaan Digital Public Relations pada media sosial Tiktok @disbudparbdg dalam upaya menjangkau Publik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77916

Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sadirman, A. M. (2007) Interaksi Dan Motivasi Belajar. Rajawali Pers

Sari, A. P. Impression Management Pada Aktivitas Public Relations Officer Dalam Merencanakan Pembentukan Citra Perusahaan.(Doctoral Dessertation, Islamic University Bandung).

Sholikhah., Ainaya D., Purworini D. (2023) IMPRESSION MANAGEMENT MELALUI AKUN INSTAGRAM (Analisis Isi Pengelolaan Kesan Merry Riana dalam Akun Instagram @merryriana). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Siedharta, I., Indrayani, I. I., & Monica, V. (2017). Strategi Impression Management Presiden Joko Widodo Melalui Komunikasi Program Prioritas Pemerintah Dalam Akun Youtube Presiden Joko Widodo. Scriptura, 7(1), 17-26.

Soemirat S, Ardianto E. (2008). Dasar-dasar Public Relations. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suftamdar, R., & Christiani, L. (2019). Impression Management Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 138-147.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

-----------. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Tuten, T. & Solomon, M. 2018. Social Media Marketing. UK: SAGE Publications Ltd.

Wahyuningsi, A. P. (2017) Impression Management Identitas Pengguna Media Sosial Facebook (Studi Fenomenologi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Watie, E. (2011) . Komunikasi dan Media Sosial (Communications dan Sosial Media) : Universitas Semarang.

Downloads

Published

2024-06-28

How to Cite

Fitriani, M., Mukarom, Z., & Astuti, D. R. (2024). Impression Management Citra Tissa Biani Sebagai Selebgram Di Media Sosial Instagram. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 8(4), 369–390. https://doi.org/10.15575/reputation.v8i4.39532

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>