Tahlīl Al-Akhtā’ Al-Sharfiyyah wa Al-Nahwiyya fī Al-Kitāb Al-‘Arabiyyah Li Dars Al-Insyā’


Isop Syafe'i(1*), Neng Nada Putri Fauziah(2), Zakiyah Azizah(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Madrasah Ibtidaiyah Al-Firdaus Bandung, Indonesia
(3) Madrasah Aliyah Persis Ciganitri Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Mengetahui kesalahan-kesalahan nahwu dan sharaf merupakan salah satu langkah awal dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan nahwu dan sharaf dalam penulisan Bahasa Arab pada pelajaran Insya di kelas 4 putri Pondok Modern Al-Basyariyyah Cigondewah, mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan nahwu sharaf dalam penulisan Bahasa Arab pada pelajaran insya, dan untuk mengetahui solusi untuk memperbaiki kesalahan nahwu sharaf dalam penulisan Bahasa Arab pada pelajaran insya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan, sedangkan teknik analisis datanya adalah reduksi informasi, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan sharaf dalam penulisan Bahasa Arab terdapat pada aspek harakat pada tasrif dan shigot yang dapat menghilangkan aspek penting dalam kalimat, menambahkan hal-hal yang tidak perlu, serta kesalahan dalam susunan. Kesalahan nahwu dalam penulisan Bahasa Arab terdapat pada kesalahan mubtada khobar, fi’il fa’il maf’ul, na’at man’ut, jar majrur, inna wa akhwatuhaa dan idhofat. Faktor penyebab kesalahan secara umum adalah perbedaan sistem gramatika dan struktur kalimat yang terdapat dalam bahasa asal (B1) dengan bahasa target (B2). Kesalahan yang bersumber dari proses belajar mengajar yaitu kesalahan metode, media atau teknik. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kesalahan kebahasaan ini dengan memberikan latihan-latihan yang berkaitan dengan jenis kesalahan berbahasa dalam pelajaran insya.


Full Text:

PDF

References


Abrar, M. (2020). Fa’āliyyah Tathbīq Tharīqah Puzzle fī Tachsīn Qudrah Takallum at-Talāmīdz di Madrasah Sabīl at-Taqwa ats-Tsānawiyyah Margomulyo Luwu Timur. Arabia, 12(1), 74. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i1.7328.

Ahmad, L. (2021). Ta’līm Al-Muhādatsah Wa Musykilātuhu Ladā An-Naṭiqīna Bi Lugāt Ukhrā. Jurnal Al-Maqayis, 7(2), 40. https://doi.org/10.18592/jams.v7i2.4902.

Assadiyah, H. (2018). طرائق تعليم المهارات اللغوية في مركزي اللغة العربية بمعهد نور الجديد الإسلامي والمعهد الإسلامي دار اللغة والكرامة بروبولنجو (دراسة المقارنة). AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 2(2), 117–134. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v2i2.225.

Aziz, A. (n.d.). Interpretasi Humanistik Kebahasaan: Upaya Kontekstualisasi Kaidah Bahasa Arab. 16.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Hamidah, N., & Zuhdy, H. (2021). Fann al-Jinas wa Saja fi mandhumah al-faraid al-Bahiyah fi al-Qawaid al-Fiqhiyyah li Sayyid Abi Bakar al-Ahdaly al-Yamany as-Syafii (Dirasah Tahliliyah Baalaghiyah). Journal of Arabic Literature (Jali), 2(2), 151–170. https://doi.org/10.18860/jali.v2i2.12277.

Hidayah, F. (2020). (Learning Arabic Quality Standard At Madrasa In Indonesia Based On Actfl Standard) ACTFL معيار جودة تعليم اللغة العربية في المدرسة في أندونيسيا على أسس معيار. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 9(2), 169. https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6740.

Lestina, U., & Lubis, A. A. (2020). تحليل المهارة اللغة العربية في التلاميذ. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab, 7(2). https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v7i2.2208.

Lubis, I. A. (2021). الدراسة التحليلية على كتاب التدريس “العربية بين يديك لكتاب الطالب الأول” في ترقية مهارة الكتابة لطلبة المبتدئين بمدخل تصميم التدريس. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab, 9(1), 61–74. https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v9i1.3610.

Maimunah, M., & Mukhtar, H. (2021). Tahlīl Sīgah Tadākhul Al-Lugāt Al-’Um Fī Al-Muhādaṯah Al-Yaumiyyah Bi Al-Lugah Al-’Arabiyyah. Jurnal Al-Maqayis, 8(1), 1. https://doi.org/10.18592/jams.v8i1.4799.

Mardiyah, T. (2019). Penggunaan Model Active Learning Dalam Pembelajaran Materi Qirāah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 225. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.154.

Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha, & Sittati Musalamah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453.

Ni’am, F., Hidayaturrahman, M., Akhirudin, A., Zusro, M. M., & Khosi’in, K. (2021). تحليل أخطاء استخدام علامات الترقيم في البحوث العربية لدى طلاب قسم تدريس اللغة العربية بالجامعة الإسلامية الحكومية بنجكولو. Arabia, 13(1), 93. https://doi.org/10.21043/arabia.v13i1.10047.

Nuur, K. N., & Said, L. Y. (2021). Halaqah Kitab Kuning (Nahwu Sharaf) di Pambusuang Balanipa Polewali Mandar Sulawesi Barat / Halaqah Kitab Kuning (Nahwu Sharaf) in Pambusuang Balanipa Polewali Mandar West Sulawesi. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 7(1), 65. https://doi.org/10.24252/diwan.v7i1.20125.

Prihantoro, S. (2019). Analisis Kesalahan Bahasa Pada Taksonomi Linguistik Dalam Penulisan Insya’. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 41–62. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-03.

Putra, W. H., Salma, K. N., & Muttaqin, M. (2021). Tathbiq Qawaid al-Imla’ fi Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah li ash-Shaff al-Awwal Bikulliyati al-Mu’allimin al-Islamiyyah fi Ma’hadi Ar-Risalah al-’Ashri al-Mubarmaj al-’Alamiy Ponorogo. LISANUDHAD, 8(2). https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v8i2.6657.

Qomariah, R. N. (2019). علم الصرف بين النظرية والتطبيق عند القدماء والمُحْدثين. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 57. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.100.

Sa’adah, N. (2021). Taʿlīm Al-Luġah Al-ʿarabiyyah Fī Al-Maʿāhid Al-Islāmiyyah Fī Indūnīsiyyā. Jurnal Al-Maqayis, 7(1), 41. https://doi.org/10.18592/jams.v7i1.4929.

Sihitang, N., & Danny, M. (2020). مهارة الكتابة لتلامذ في معهد الأزهر بعباد الله. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab, 8(2), 1–17. https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v8i2.3135.

Sofa, A. R. (2020). الأخطاء الصرفية في كتابة اللغة العربية لطلاب في المدرسة المتوسطة الإسلامية زين الحسن قنقون. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 3(1), 73–136. https://doi.org/10.54783/japp.v3i1.48.

Sudjani, D. H., & Gunadi, G. (2020). Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 39. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2573.

Suja, A. (2019). أهمية دراسة اللغة العربية في فهم معاني القرآن (دراسة عن الفعل العربي). PERADA, 2(2), 199–207. https://doi.org/10.35961/perada.v2i2.84.

Wahyuddin, W., & Hamid, M. A. (2021). محاولات شوقي ضيف التجيديدية في تيسير النحو التعليمي / Syauqi Dhayf’s Renewal Efforts To Simplify The Arabic Syntactical Pedagogic. Jurnal Adabiyah, 21(1), 129. https://doi.org/10.24252/jad.v21i1a7.

Yunaldi, Y., & Siregar, S. (2021). مشكلات مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية بمدرسة الثانوية الأهلية الإسلامية تنجونج أوبار حسن نولي المركزية بادانج بولاك جولو المقاطعة بادانج لاوس الشمالية. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab, 9(2), 61–74. https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v9i2.4382.

Zaluchu, S. E. (2021). Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan. Jurnal Teologi Berita Hidup, 3(2), 249–266. https://doi.org/10.38189/jtbh.v3i2.93




DOI: https://doi.org/10.15575/ta.v1i1.17383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.