Persepsi Mahasiswa Terhadap Konten Dakwah Berhutang Dalam Akun TikTok @kadamsidik00
DOI:
https://doi.org/10.15575/tabligh.v8i4.30554Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap konsep berhutang, persepsi mahasiswa terhadap konten berhutang dalam akun TikTok @kadamsidik00, dan urgensi pesan dakwah berhutang di media sosial. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dan wawancara dilakukan kepada 10 informan dari berbagai jurusan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Analisis data dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap konsep berhutang (Paylater) terdapat tiga posisi yang dapat diidentifikasi yaitu Hegemonic Dominan, Negosiasi, dan Oposisi. Persepsi mahasiswa terhadap konten berhutang dalam akun TikTok @kadamsidik00 dianggap relevan serta memiliki dampak yang signifikan pada pemahaman terkait pengelolaan keuangan. Urgensi pesan dakwah berhutang di media sosial sebagai cara untuk mengingatkan orang agar mempertimbangkan aspek-aspek syariah dalam penggunaan Paylater.
This study aims to determine student perceptions of the concept of being in debt, student perceptions of debt content in the TikTok account @kadamsidik00, and the urgency of da'wah messages in debt on social media. The research method uses descriptive methods and interviews were conducted with 10 informants from various departments at UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Data analysis with qualitative analysis. The results showed that students' perceptions of the concept of being in debt (Paylater) there are three positions that can be identified, namely Hegemonic Dominant, Negotiation, and Opposition. Students' perceptions of indebted content in the @kadamsidik00 TikTok account are considered relevant and have a significant impact on understanding related to financial management. The urgency of the da'wah message of being in debt on social media as a way to remind people to consider sharia aspects in using Paylater.
Referensi
Abdul K. Zaidan. (1983). Dasar-dasar Ilmu Dakwah. Jakarta: Media Dakwah.
A. Devi. (2022). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran. Vol. 3, No. 1, Mei 2022. E-ISSN: 2723-8199.
A. Wibowo. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, Vol. 3, No. 2, Hal. 339–356.
Armylia dkk. (2021). Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) Terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society, Jurnal Volume 1, No. 1, Tahun 2021. ISSN: 2337-4004.
Aziz, M. A. (2011). Ilmu Dakwah. Edisi Revisi Cetakan II. Jakarta: Kencana.
Cahyono, A. S. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, Vol. 9 No. 1 (2016), Hal 144.
Demmy, Fathrul. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi TikTok. Vol. 7, No. 2, ISSN. 2442-6962.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
Dkk, A. M. (2019). Dakwah Melalui Media Sosial. Journal, vol. 10 no 2 .
Dkk, F. (2022). Efektivitas Dakwah Melalui Media Sosial Instagram Dalam Pandangan Kaum Milenial. Jurnal Kajian Komunikasi Penyiaran Islam, Vol.4 No.2.
Dwi Wahyuni. (2017). Agama Sebagai Media Dan Media Sebagai Agama. JIA, no. 2, hal. 84.
H. Abdul (1993). Bunga Bank dalam Islam. Surabaya: al-Ikhlas.
M. Â al-Shiddiqi. (1997). Hukum Fiqih Islam. Cet. I; Semarang: Pustaka Rizki Putra, h. 364.
Maria Magdalena Bate’e. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitol. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol. 2, No. 2, Juni. E-ISSN: 2599-3410, P-ISSN: 2614-3259.
Nurdin, H. S. (2018). Media Sebagai Sarana Komunikasi Dalam Berdakwah. Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 45-55 Volume 16, No 2 Juli-Des 2018.
Nurin, Angga, Hafsah. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial TikTok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Vol. 10, No. 2, P-ISSN: 2089-4341 | E-ISSN: 2655-9633.
P. Marsela. (2019). Pengaruh Pendapatan Dan Konsumtif Terhadap Perilaku Berutang Mahasiswa.
R. Ade dan Nurnazmi. (2020). Dampak Aplikasi Tiktok dalam Proses Sosial di Kalangan Remaja Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima. Jurnal Pendidikan Sosiologi, Volume 4, Nomor 1, Juni. ISSN Online 2599-2511, ISSN Cetak 2685-0524.
Safitri, T. A. (2021). Kontribusi Fintech Payment Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 140-145.
Suherdiana, Dadan & Enjang Muhaemin. (2018). The Da'wah of Nahdlatul Ulama and Muhammadiyah in Social Media of Facebook. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies Vol. 12 No. 2
Tsalits Maratun Nafiah, H. I. (2022). Platform Tik Tok Sebagai Media Dakwah Di Kalangan Remaja Milenial (Studi Analisis Konten Dakwah Akun @Bayasman00 Milik Husain Basyaiban). Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 183-184 Vol. 16 No.2 Desember 2022.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-12-29 (4)
- 2023-12-29 (3)
- 2025-04-26 (2)
- 2023-12-29 (1)



