Interaksi Simboli Da’i dalam Membangun Citra Da’i Di Media Sosial

Authors

  • Zahra Fatiyatul Aula UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aep Wahyudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Dede Sutisna UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i1.44740

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman konsep diri (self), proses pikiran (mind), serta interaksi dengan audiens (society) dalam pembentukan citra da’i melalui media sosial platform TikTok. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung pada konten TikTok, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead dan teori Computer-Mediated Communication (CMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi simbolik dengan menerapkan pemahaman konsep diri (self), proses pikiran (mind) serta interaksi dengan mad’u/netizen (society) dalam pembentukan citra da’i melalui media sosial platform TikTok yang diterapkan oleh Ustadz Shufi Zainal menarik perhatian mad’u (audiens) dan meningkatkan efektivitas penyampaian pesan dakwah.

Kata Kunci : Interaksi Simbolik, Citra Da'i, Media Sosial, TikTok, Dakwah Digital.

Downloads

Published

2025-03-28 — Updated on 2025-04-26

How to Cite

Fatiyatul Aula, Z., Wahyudin , A., & Sutisna, D. (2025). Interaksi Simboli Da’i dalam Membangun Citra Da’i Di Media Sosial. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i1.44740

Citation Check

Most read articles by the same author(s)