Interaksi Simboli Da’i dalam Membangun Citra Da’i Di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i1.44740Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman konsep diri (self), proses pikiran (mind), serta interaksi dengan audiens (society) dalam pembentukan citra da’i melalui media sosial platform TikTok. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung pada konten TikTok, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksi Simbolik dari George Herbert Mead dan teori Computer-Mediated Communication (CMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi simbolik dengan menerapkan pemahaman konsep diri (self), proses pikiran (mind) serta interaksi dengan mad’u/netizen (society) dalam pembentukan citra da’i melalui media sosial platform TikTok yang diterapkan oleh Ustadz Shufi Zainal menarik perhatian mad’u (audiens) dan meningkatkan efektivitas penyampaian pesan dakwah.
Kata Kunci : Interaksi Simbolik, Citra Da'i, Media Sosial, TikTok, Dakwah Digital.



