Strategi Kreatif Content Creator Dalam Dakwah Di Media Sosial (Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @alfatahar_)

Authors

  • Indra Margana Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mukhlis Aliyudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Aep Wahyudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i1.39034

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan strategi pembuatan, proses pembuatan, penerapan evaluasi, serta autentik dan identitas etnografi virtual pada akun Instagram @alfatahar_. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Teori yang digunakan adalah strategi kreatif dari Karen Freberg, teori berpikir kreatif dari Chris Griffiths & Melina Costi seSrta teori etnografi virtual dari Christine Hine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah kreatif pada akun ini terdapat dalam aspek, yaitu: pertama, fleksibilitas dan pengembangan konten berbasis keahlian. Kedua, pendekatan personal dan konsistensi visual. Ketiga, evaluasi melalui analisis umpan balik. Keempat, personal branding serta konsistensi gaya. Berdasarkan penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Alfatahar dalam pembuatan konten menekankan fleksibilitas, personalisasi, dan evaluasi yang terstruktur untuk menciptakan identitas digital yang konsisten dan autentik.

References

Bergili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, Vol 2 No, 2 hal 71-80.

Effendi, D. I. (2024). Masalah dan Reorientasi Dakwah: Analisis Konstruksi Sosial di Era Metaverse dalam Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 18(1), 19-42.

Fauziah, S. S. (2022). Strategi Kreatif Film Maker Muslim Dalam Mengemas Konten Dakwah Melalui Film Islami Cerita Hijrahku. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Freberg, K. J. (2018). Social Media for Strategic Communication: Creative Strategies and Research-Based Applications. California: Sage Publications.

Griffiths, C. & Costi, M. (2021). The Creative Thinking Handbook. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hine, C. (2000). Virtual Ethnography. London: Sage Publications Ltd.

Muamaroh. (2021). Strategi Kreatif Muslimahdaily.com dalam Mengemas Konten Dakwah melalui Film Islami Embun Hijrah. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mufadil, A. Z. (2022). Komodifikasi Dai Di Media Sosial dalam Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 7(2), 177-196.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Ramaputra, A, M & Afifi, S. (2021). Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, Vol 5 No, 2 hal 17-35.

Suherdiana, D. (2009). Model Dakwah Fardiyah Tarekat Qodiriyah wa Naqsabandiyah dalam Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 4(14), 689-698.

Syaifuddin. (2021). Digitalisasi Agama: Pola Dakwah Generasi Milenial di Media Sosial dalam Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(2), 387-406.

Widyawati, D. (2023). Studi Etnografi Virtual Terhadap Praktik Marketing Pada Akun Instagram @jubahakhwat. Skripsi, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

Yanis, T. A. (2020). Vidgram Sebagai Sarana Media Dakwah dalam Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 5(2), 208-226.

Downloads

Published

2025-03-30 — Updated on 2025-03-30

How to Cite

Margana, I., Aliyudin, M., & Wahyudin , A. (2025). Strategi Kreatif Content Creator Dalam Dakwah Di Media Sosial (Studi Etnografi Virtual Akun Instagram @alfatahar_). Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 10(1), 37–54. https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i1.39034

Citation Check

Most read articles by the same author(s)